Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Pengertian Dan Jenis Gelombang Elektromagnetik


Pada umumnya manusia bisa peka terhadap gelombang elektromagnetik mulai dari 400 sampai 700 nm (nanometer), sebuah jangka yang dimana dalam hal ini disebut dengan cahaya tampak. Gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang yang tidak lebih dari gelombang cahaya tampak disebut dengan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet tersebut berasal dari cahaya matahari.



Sedangkan untuk gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari gelombang cahaya tampak maka disebut dengan gelombang inframerah. Tak ada batas sama sekali pada panjang gelombang elektromagnetik.

Manfaat dan Jenis-Jenis Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik ini memiliki banyak jenis. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa perilaku gelombang tergantung dari ukuran panjang gelombang itu sendiri. Maka dari itu, dengan ukuran panjang yang beragam maka setiap jenis gelombang elektromagnetik juga memiliki banyak perbedaan perilaku.

Manfaat gelombang elektromagnetik ini bisa dibilang sangat luas, namun hal ini juga tergantung dari jenis gelombangnya. Disamping itu, frekuensi dan panjang gelombang juga memiliki peran penting untuk menentukan jenis interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan materi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berbagai jenis gelombang elektromagnetik:

  1. Sinar X

Sinar X mempunyai ukuran panjang gelombang yang terbilang sangat pendek dengan frekuensi tinggi. Hal ini akan memudahkannya dalam menembus berbagai bahan yang tidak bisa ditembus oleh gelombang cahaya, dimana frekuensinya nanti akan diserap oleh bahan tersebut. Sinar X banyak digunakan oleh dokter untuk melihat organ yang ada di dalam tubuh seperti tulang dengan tujuan untuk melakukan diagnosa pada pasien.

Dengan adanya sinar X, dokter tidak harus melakukan pembedahan hanya untuk melihat organ tubuh dalam pasien. Selain itu, sinar X juga banyak digunakan di berbagai bandara penerbangan untuk melihat isi tas dan koper para penumpang tanpa harus membukanya terlebih dahulu. Sehingga proses antrian bisa berlangsung dengan cepat.

  1. Gelombang Mikro