Pengertian Dan Jenis Gelombang Elektromagnetik


Pengertian Gelombang Elektromagnetik – Gelombang elektromagnetik merupakan sebuah gelombang yang bisa merambat tanpa membutuhkan media rambat yang membawa muatan energi listrik (elektro) dan medan magndet (magnetik). Itulah yang menjadi alasan mengapa disebut sebagai elektromagnetik karena terdiri dari dua kata, yaitu elektro dan magnetik.



Berbeda halnya dengan gelombang pada umumnya yang membutuhkan media rambat seperti air, udara, dan lain sebagainya, gelombang elektromagnetik ini memang tidak butuh media rambat sama sekali (seperti halnya radiasi) sehingga mampu merambat dan biasa dengan radiasi elektromagnetik.

Baca juga: Rangkaian Penyearah Gelombang

Sifat Gelombang Eletromagnetik

Dilihat dari bentuknya, gelombang elektromagnetik mempunyai sifat yang sama seperti gelombang transversal. Namun seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa dalam gelombang ini terdapat medan listrik (E) yang selalu tegak lurus terhadap medan magnet (B), dimana keduanya menuju ke arah gelombang seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Dari gambar diatas maka bisa disimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik memiliki beberapa macam sifat tertentu. Adapun sifat-sifat gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut ini:

  • Gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan media rambat.
  • Gelombang elektromagnetik termasuk dalam gelombang transversal dan mempunyai sifat yang hampir sama dengan gelombang tranversal.
  • Tidak membawa massa tetapi membawa energi.
  • Energi yang dibawa oleh gelombang elektromagnetik akan sama dengan besar frekuensi gelombang.
  • Arah medan listrik (E) akan selalu tegak lurus terhadap medan magnet (B) dan sefase.
  • Mempunyai momentum.
  • Terbagi dalam beberapa jenis yang dimana tergantung dari frekuensi dan panjang gelombangnya.

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik ini meliputi cahaya, gelombang radio, sinar X, sinar gamma, mikro gelombang, dan lain sebagainya. Semua bagian tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada panjang gelombang dan frekuensinya. Berikut ini kami akan memberikan tabel yang dapat menggambarkan tentang jenis-jenis spektrum gelombang elektromagnetik yang berkaitan dengan berbagai interval frekuensi dan panjang gelombang.



Interval ini sendiri sangat susah untuk didifenisikan dengan benar dan bahkan seringkali tumpang-tindih. Seperti misalnya gelombang elektromagnetik sekitar 0,1 nm biasanya disebut sebagai sinar X, namun jika gelombang tersebut berasal dari radioaktivasi nuklir maka dikenal dengan sebutan sinar gamma.

Pada umumnya manusia bisa peka terhadap gelombang elektromagnetik mulai dari 400 sampai 700 nm (nanometer), sebuah jangka yang dimana dalam hal ini disebut dengan cahaya tampak. Gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang yang tidak lebih dari gelombang cahaya tampak disebut dengan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet tersebut berasal dari cahaya matahari.

Sedangkan untuk gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari gelombang cahaya tampak maka disebut dengan gelombang inframerah. Tak ada batas sama sekali pada panjang gelombang elektromagnetik.

Manfaat dan Jenis-Jenis Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik ini memiliki banyak jenis. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa perilaku gelombang tergantung dari ukuran panjang gelombang itu sendiri. Maka dari itu, dengan ukuran panjang yang beragam maka setiap jenis gelombang elektromagnetik juga memiliki banyak perbedaan perilaku.



Leave a Comment