Fungsi TOR (Thermal Overload Relay)


Komponen ini menggunakan prinsip kerja dari bimetal sehingga thermal overload relay ini akan berguna pada saat mengalami kenaikan arus yang terjadi pada bebas secara tiba – tiba. Apabila suatu motor listrik memiliki 3 fasa maka pada setiap fasa akan dilengkapi dengan sebuah bimetal.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Jenis Sensor Suhu

Cara Setting Thermal Overload Relay

Dalam pengaturan dari thermal overload relay ini anda disarankan untuk menyiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan seperti obeng puls (+) kecl atau dapat menggunakan tespen. Putaran potensio yang teradapat pada komponen ini harus disesuaikan dengan kapasitas motor yang digunakan. berikut adalah cara setting TOR:



1) Bukalah terlebih dahulu penutup yang melindungi pemutar dari potensio pada TOR.

2) Hitung terlebih dahulu batas maksimum dari motor listrik Anda agar dapat bekerja dengan maksimal.

3) Gunakan obeng (+) atau tespen yang telah Anda siapkan untuk memutar potensio sesuai dengan hasil perhitungan dengan tepat.

4) Tutup kembali penutup potensio dari TOR tersebut.

5) Alat siap untuk digunakan.



Terdapat 2 mode yang dapat mengatur TOR tersebut, kedua mode manual dan juga mode otomatis. Berikut adalah penjelasan dari masing – masing mode tersebut adalah:

Mode Manual

Mode jenis ini merupakan mode default dari komponen ini. Cara penggunaannya yaitu hanya dengan memutar tombol reset ke arah huruf H yang terdapat pada TOR tersebut. jadi untuk mengembalikan posisi kontak overload ke posisi normal apabila terjadi trip sehingga tinggal menekan tombol biru.

Mode manual ini banyak digunakan pada panel motor listrik, hal tersebut terjadi karena asumsiya dimana teknisi harus melakukan pengecekan terlebih dahulu apa yang menyebabkan terjadinya trip pada listrik atau overload

Mode Autor

Untuk mode auto (A) overload akan bekerja secara otomatis. Jadi disini dimaksudkan apanila saat terjadi trip TOR tersebut akan memutus kontak bimetal dan akan mematikan kontaktor. Lalu apabila suhu pada bimetal tersebut sudah dingin maka kontan bimetal tersebut akan kebali ke posisi normal yang membuat kontaktor dapat bekerja kembali.

Baca juga: Cara Membaca Thermistor Dengan Mudah

Demikian artikel ini yang membahas tentang salah satu komponen kelistrikan yang dapat membantu kerja dari motor listrik yaitu thermal overload relay. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menambah pengetahuan tentang salah satu komponen kelistrikan ini.



Leave a Comment