Fungsi TOR (Thermal Overload Relay)


Fungsi Tor (Thermal Overload Relay) – Overload relay merupakan salah satu komponen kelistrikan dimana memiliki pengertian yaitu merupakan perangkat listik yang dpaat digunakan untuk melindungi motor listrik dari panas yang berlebih.



Jadi maksud dari penggunaan overload relay ini adalah untuk mendeteksi arus berlebih yang terdapat dalam suatu rangkaian jadi untuk mendeteksi panas berlebih apabila motor listrik tersebut dipanaskan. Perancangan ini dapat disusun secara seri serta dapat diletakkan diantara motor dan kontaktor itu sendiri agar dapat menghindari motor dari restar ketika terjadi kelebihan beban perjalanan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai thermal overload relay dimana komponen ini merupakan salah satu komponen penyusun rangkaian suatu panel motor listrik. Komponen ini memiliki peran yang penteng pada sebuah susunan listrik yaitu sebagai pelindung apabila terjadi hal seperti arus listrik yang berlebih dalam elektro motor dengan prinsip kerjanya bersistem panas.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi SSR (Solid State Relay)

Baca juga: Cara Cek Relay Menggunakan Multimeter

Pengertian Thermal Overload Relay

Thermal overload relay ini merupakan sebuah aksesoris komponen pengaman pada kontaktor utama atau disebut sebagai pelindung saat terjadi arus yang berlebih dan dapat mengakibatkan kerusakan pada sebuah rangkaian motor listrik.

Apabila arus mengalir pada sebuah panel listrik dengan nilai yang sangat besar, maka TOR tersebut akan memberikan sinyal berupa perubahan posisi kontak NC – NO yang kemudian akan diteruskan pada rangkauan listrik untuk memutuskan arus yang terdapat pada beban motor listrik.

Sistem kerja dari overload relay sendiri adalah menggunakan bimetal, yaitu dua buah metal atau logam yang dapat memiliki koefisien muai yang sangat berbeda dan dipasang menjadi satu. Apabila terjadi panas, logam – logam itu akan mengalami lengkungan maka akan terjadi pemuaian logam tersebut yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemutusan sebuah arus listrik yang dialirkan ke sebuah motor apabila terlalu panas.



Leave a Comment