Pengertian Dan Jenis Kabel Fiber Optik


Fiber Optik / Serat Optik – Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabel fiber optik. Hal ini karena kabel jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan sudah banyak digunakan oleh para penyedia layanan internet dan telekomunikasi.

Pengertian Dan Jenis Kabel Fiber Optik



 

Kabel fiber optik (serat optik) sendiri merupakan sebuah kabel yang memiliki fungsi untuk mengirimkan pesan suara, data, dan gambar. Pada dasarnya, komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan kabel fiber optik merupakan suatu teknik transmisi data antar satu titik ke titik yang lain dengan pulsa cahaya.

Jika dibandingkan dengan kabel tembaga umumnya, kabel fiber optik mampu mentransmisikan data dengan lebih cepat dan efektif. Inilah yang menjadi kelebihan dari kabel berbahan dasar kaca atau plastik ini.

Kabel serat optik ini memiliki peran yang sangat penting dalam industri telekomunikasi, khususnya dalam masalah transmisi data. Bahkan untuk kedepannya, kabel serat optik ini diprediksi mampu untuk menggantikan kabel tembaga yang selama ini digunakan sebagai media transmisi utama.

Pengertian Fiber Optik atau Optical Fiber

Pengertian Dan Jenis Kabel Fiber Optik



Leave a Comment