Mengenal Ferrite Bead Dan Kegunaannya


Selain memiliki kemampuan untuk menghentikan komponen ini juga melakukan blokir emisi gelombang radio yang dapat terjadi pada kabel listrik. Oleh karena itu akan tidak terjadi pengurakan pasokan listrik dan pengisian listrik pada baterai tidak akan mengganggu perangkat lainnya yang ada disekitar pengisian baterai tersebut.

Pada umumnya komponen ini hanya akan dipasangkan pada peralatan sensitif dan apabila perangkat tersebut memerlukan gangguan yang kecil agar peralatan elektronik dapat bekerja secara maksimal. Ferrite beads ini juga dapat digunakan untuk EMI filter pada peralatan navigasi ataupun radar. Jadi komponen ini memiliki prinsip dimana dapat diartikan EMI filter adalah sebgai saringan terhadap noise.



Baca juga: Perbedaan Rangkaian Seri Dan Paralel Pada Baterai

Fungsi atau Kegunaan Ferrit Beads

Pada kabel – kabel yang telah terpasang ferrite beads memiliki kegunaan yaitu komponen terebut dapat meredam nose frekuensi tinggi yang terdapat pada satu rangkaian atau perangkat elektronik. Noise disini asalah sinyal – sinyal yang berada disekitar perangkat elektronik dan tidak diinginkan. Atau dapat dijelaskan sebagai sinyal gangguan yang terdapat pada suat rangkaian atau perangkat elektronik.

Pada umumnya ferit ini dapat berguna untuk menyaring frekuensi tinggi ataupun frekuensi liar agar menjadi lebih bersih daripada noise. Hal tersebut akan mempengaruhi pada pengolahan selanjutnya sehingga dapat menghasilkan output yang lebih baik.



Leave a Comment