Mengenal Ferrite Bead Dan Kegunaannya


Mengenal Ferrite Bead Dan Kegunaannya – Rangkaian elektreonika maupun rangkaian liastrik pasti terdiri dari beberapa komponen. Salah satu komonennya yaitu induktor dimana komponen ini dapat digunakan untuk menyimpan energi dalam bentuk medan magnetik. Komponen ini berupa gulungan kawat yang nantinya akan membentuk medan magnetik dan mengalami induktansi.



Induktor ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu induktor inti kosong (inti udara atau air core), induktor besi (iron core), inti ferit (ferrite core), dan variable core inductor. Pengaplikasian dari induktor ini salah satunya adalah ferrite beads.

Baca juga: Rumus Dan Cara Menghitung Induktor

Pada artikel ini akan dibahas mengenai ferrite beads tersebut. tetapi sebelumnya akan dijelaskan mengenai salah satu jenis induktor yaitu inti ferit (ferrite core) yang bentuknya hampir sama dengan induktor besi hanya saja ferit ini terbuat dari serpihan besi. Serbuk ferit ini akan distukan dengan resin epoksi dan akan dibentuk menjadi silinder.

Jenis dari induktor ini dapat dikenali karena memiliki warna abu – abu dan inti dari induktor ferit ini rapuh jadi cenderung mudah patah. Jenis ini memiliki kelebihan dibandingkan induktor yang lainnya yaitu hasil induktansi dari induktor ini dapat diatur sehingga dapat dengan mudah menghitung rasio banyak serbut ferit yang digunakan.

Baca juga: Cara Membuat Lilitan Induktor Dengan Mudah

Ferrite Beads

Ferrite beads merupakan komponen rangkaian elektronikan pasif yang bentuknya silinder dan umumnya dipasangkan pada sekeliling kabel USB, kabel pengisi baterai ponsel ataupun laptop, kabel monitor, dan terdapat juga pada kabel printer.



Berdasarkan atas namanya komponen ini terbuat dari bahan yang dinamakan dengan ferrite (ferit) yang meruppakan senyawa campuran yang nantinya akan dipadatkan dengan bahan dasar berupa bubuk besi oksida (iron oxide). Campuran lain yang digunakan sebagai bahas dasar yaitu ferit yang dicampur dengan bubuk lain seperti nikel, seng (zinc), manganase dan magnesium.

Campuran dari bubuk besi atau bubuk – bubuk lainnya akan diproses dengan menggunakan suhu yang tinggi dan juga tekanan yang tinggi sehingga dapat dibentuk menjadi batangan ataupun spereti silinder. Komponen ferrite beads ini juga dapat disebut dengan ferrite choke.

Batang Ferrite

Dapat kita ketahui bahwa dalam rangkaian listrik yang dialiri oleh arus listrik akan melewati konduktor (berupa kabel listrik) dan nantinya akan menghasilkan electromotive force (EMF) atau dapat disebut juga dengan energi radio. Konduktor yang menghasilkan energi radio tersebut akan keluar dalam bentuk noise dan dapat mengganggu transmisi data ataupun perangkat elektronik yang berada disekitarnya.

Baca juga: Pengertian Dan Contoh Perhitungan Reaktansi Induktif

Contoh gangguan hal tersebut dapat berupa suara radio yang terlalu bising ataupun tisal dapat menyetel dengan saluran frekuensi yang tepat seperti yang diinginkan. Selain dapat menyebabkan gangguan pada perangkat yang ada disekitarnya, energi listrik ini juga dapat terbuang berupa radiasi yang dapat membuat pasokan listrik ke baterai semakin berkurang atau pada perangkat yang terhubung kabel tersebut. oleh karena itu waktu dari pengisian listrik pada baterai dapat meningkat.



Selain memiliki kemampuan untuk menghentikan komponen ini juga melakukan blokir emisi gelombang radio yang dapat terjadi pada kabel listrik. Oleh karena itu akan tidak terjadi pengurakan pasokan listrik dan pengisian listrik pada baterai tidak akan mengganggu perangkat lainnya yang ada disekitar pengisian baterai tersebut.

Pada umumnya komponen ini hanya akan dipasangkan pada peralatan sensitif dan apabila perangkat tersebut memerlukan gangguan yang kecil agar peralatan elektronik dapat bekerja secara maksimal. Ferrite beads ini juga dapat digunakan untuk EMI filter pada peralatan navigasi ataupun radar. Jadi komponen ini memiliki prinsip dimana dapat diartikan EMI filter adalah sebgai saringan terhadap noise.

Baca juga: Perbedaan Rangkaian Seri Dan Paralel Pada Baterai

Fungsi atau Kegunaan Ferrit Beads

Pada kabel – kabel yang telah terpasang ferrite beads memiliki kegunaan yaitu komponen terebut dapat meredam nose frekuensi tinggi yang terdapat pada satu rangkaian atau perangkat elektronik. Noise disini asalah sinyal – sinyal yang berada disekitar perangkat elektronik dan tidak diinginkan. Atau dapat dijelaskan sebagai sinyal gangguan yang terdapat pada suat rangkaian atau perangkat elektronik.

Pada umumnya ferit ini dapat berguna untuk menyaring frekuensi tinggi ataupun frekuensi liar agar menjadi lebih bersih daripada noise. Hal tersebut akan mempengaruhi pada pengolahan selanjutnya sehingga dapat menghasilkan output yang lebih baik.



Contohnya yaitu ketika kita menggunakan batang ferit tersebut yang dipasang pada perangkat elektronika untuk memastikan tidak adanya noise yang dapat menyebabkan dengung, atau dapat menyebabkan frekuesinya terganggu yang dapat menyebabkan penyimpangan dan hasilnya menjadi tidak seperti yang diinginkan, dengan adanya ferit ini akan dapat meredam sinyal liar tersebut.

Contoh lainnya adalah penggunaan ferit pada trafo di rangkaian power supply sehingga tegangan yang dihasilkan lebih stabi, dan bersih dari noise yang akan mengganggu. Apabila telah diubah menjadi tegangan DC pun kita dapan menjumpai lilitan kawat tembaga dengan batang ferit yang berada ditengahnya yang berguna sebagai penetapan frekuensi tertentu agar bersih dari noise.

Penggunaan ferit juga terdapat pada beberapa kabel dari perangkat elektronik, kendaraan bermotor atau bahkan pada pesawat radio maupun televisi. Dimana perangkat – perangkat tersebut membutuhkan filter noise dengan jaminan sinyal yang diperoleh bersih dari gangguan frekuensi yang tidak diinginkan.

Baca juga: Tabel Standar Besaran Dan Satuan Listrik

Jenis Ferrite Beads



Leave a Comment