Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Zener


Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Zener – Sebagian besar dari anda tentunya sudah pernah mendengar apa itu dioda zener, atau bahkan sudah tahu bagaimana bentuk jenis dioda ini. Dioda zener sendiri merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam suatu rangkaian elektronika.

Fungsi Dioda Zener



Komponen elektronika ini bisa dibuat dari bahan dasar semikonduktor. Penasaran ingin tahu lebih jelas lagi? Mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya mengenai dioda zener di bawah ini.

Pengertian Dioda Zener

Pengertian Dioda Zener

Zener diode atau dioda zener adalah salah satu komponen elektronika yang dibuat dari bahan semikonduktor. Dioda ini sudah dirancang secara khusus sehingga bisa beroperasi pada rangkaian reverse bias (bias balik).

Pada umumnya dioda zener digunakan untuk menstabilkan arus listrik, karena bisa membuat arus listrik bisa selalu dalam keadaan stabil. Bahkan alat ini juga cukup mudah sehingga banyak digunakan oleh masyarakat, dan hampir setiap rumah sudah pasti memiliki dioda ini,

Ketika dipasangkan pada suatu rangkaian forward bias (bias maju), komponen dioda zener akan memiliki fungsi dan karakteristik sebagaimana jenis dioda normal pada umumnya. Efek dioda jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1934 oleh seorang fisikawan asal Amerika yang bernaman Clarence Melvin Zener. Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa komponen ini dinamakan dengan dioda zener karena diambil dari nama penemunya.

Baca juga: Jenis Jenis Dioda Lengkap

Karakteristik Dioda Zener

Karakteristik Dioda Zener

Karakteristik yang dimiliki oleh dioda zener adalah sebagai penyalur tenaga listrik yang berlawanan arah jika menerima tegangan yang lebih besar dibandingkan tegangan tembus atau zener sesuai dengan ukuran zener tersebut. Besarnya tegangan tembus ini sangat beragam, seperti misalnya 6 volt, 9 volt, dan lainnya. Hal ini tergantung pada tulisan yang tercantum pada komponen dioda itu sendiri.

Disamping itu, karakterisik dioda zener tentu berbeda dengan dioda biasa yang hanya bisa menyalurkan arus listrik menuju satu arah saja. Inilah perbedaan yang bisa kita lihat dengan jelas antara dioda zener dengan dioda biasa. Jika dicatu balik, maka dioda ini bisa mengalirkan arus listrik berlawanan (reverse-biased) di bawah tegangan rusaknya.



Leave a Comment