Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Varactor


Sesuai dengan fungsinya, dioda varica dilambangkan dengan dioda yang dirangkai dalam bentuk seri dengan tambahan kapasitor di sisi katodanya. Simbol komponen dioda dapat digambarkan seperti antara kaki katoda dengan anoda yang tidak tersambung langsung tetapi terputus oleh dua plat kapasitor.

Sementara untuk bentuknya sendiri, komponen dioda yang satu ini memiliki bentuk yang cukup beragam. Ada yang memiliki bentuk kota seperti transistor dengan dua kaki, dan ada yang memiliki bentuk seperti jenis dioda pada umumnya. Bahkan ada pula yang mempunyai bentuk komponen SMD.



Sedangkan pada pengaplikasian Tuner Fm dan Am, ada pula kemasan yang telah dibentuk sepasang, yang dimana pada sebuah kemasan ada dua dioda di dalamnya. Hal ini bertujuan untuuk dapat menjaga linearitas kapasitansi diantara kedua komponen tersebut.

Karakteristik Dioda Varactor

Karakteristik Dioda Varactor

Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh dioda varactor:

  • Dioda varicap (varactor) hanya menghasilkan sedikit noise jika dibandingkan dengan jenis dioda pada umumnya.
  • Biaya yang diperlukan dalam pemakaian dioda varicap jauh lebih sedikit dan dapat diandalkan.
  • Dioda varicap mempunyai ukuran yang lebih sedikit dan ringan.
  • Dioda ini tidak bisa digunakan saat dioperasikan dalam bias maju.
  • Secara mode bias balik, dioda ini mampu menghasilkan nilai kapasitansi seperti yang digambarkan pada grafik.

Baca juga: Fungsi Dan Rangkaian Dioda Schottky

Fungsi dan Penggunaan Dioda Varactor

Fungsi dan Penggunaan Dioda Varactor

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa komponen dioda jenis ini banyak digunakan di berbagai macam perangkat elektronika yang menggunakan sistem komunikasi frekuensi tinggi seperti televisi dan radio. Terutama pada rangkaian tunner, jenis dioda ini digunakan pada rangkaian pengguat RF dan Osilator.

Pada pengaplikasiannya, maka frekuensi kerja dari penguat RF dan osilator bisa dikendalikan dengan tegangan. Sistem yang satu ini  biasa disebut sebagai VCO (Voltage Controlled Oscilator). Dimana pada sistem ini kita bisa melakukan perubahan channel pada pesawat televisi hanya dengan menekan tombol yang ada pada Remote Control. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan mengenai fungsi dioda varactor berikut ini:

  1. Filter RF

Filter RF