Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Varactor


Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Varactor – Jika membahas tentang komponen dioda, tentu ada banyak sekali jenisnya. Salah satu jenis dioda yang banyak digunakan adalah dioda varactor. Dioda ini memiliki banyak keunikan dan berperan penting dalam rangkaian elektronika yang mempunyai frekuensi tinggi.

Dioda Varactor



Lalu bagaimana prinsip dari komponen dioda varactor? Kali ini kami akan membahas bagaimana prinsip kerja dioda varactor lengkap beserta pengertian dan fungsinya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pengertian Dioda Varactor

Pengertian Dioda Varactor

Dioda varactor merupakan sebuah komponen dioda yang memiliki sifat kapasitas berubah-ubah dengan menyesuaikan tegangan yang didapatkan. Berdasarkan sifatnya ini, komponen dioda varactor juga biasa disebut sebagai dioda kapasitas variabel atau varicap dioda (Variable Capatitance Diode).

Pada umumnya varicap diode ini digunakan pada rangkaian elektronika yang berhubungan dengan frekuensi seperti pada rangkaian VFO (Variable Frequency Oscillator), VCO (Voltage Controlled Oscillator), PLL Oscilator (Phase-Locked Loop Oscillator), RF Filter (Tapis Frekuensi Radio), Tuner Radio dan Tuner Televisi.

Beberapa rangkaian elektronika ini banyak ditemukan pada berbagai macam perangkat elektronika seperti Radio Penerima, Ponsel, Radio Pemancar dan Televisi.



Leave a Comment