Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Tunnel


Pengertian Dan Fungsi Dioda Tunnel – Bagi anda yang ingin mempelajari elektronika atau bekerja dalam bidang elektronika tentunya harus paham mengenai pengertian dan bagaimana cara kerja komponen dioda.

Komponen dioda sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, dimana setiap jenis memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa jenis komponen dioda adalah dioda zener, dioda penyearah, dioda schottky, dioda photo (dioda cahaya), dioda bridge, gunn dioda dan lainnya yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.



Dioda Tunnel

 

Nah, dari sekian banyaknya jenis dioda, salah satu jenis dioda yang paling umum digunakan adalah dioda tunnel atau dioda terowongan. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai dioda thunnel secara lengkap mulai dari pengertian dan prinsip kerjanya. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Jenis Jenis Dioda Dan Gambarnya Lengkap

Pengertian Dioda Tunnel

Pengertian Dioda Tunnel

Dioda tunnel atau yang biasa disebut dengan dioda terowongan merupakan salah satu jenis dioda yang memiliki kemampuan untuk beroperasi dalam kecepatan tinggi dan bisa bekerja dengan baik pada gelombang mikro (Microwave) sehingga bisa digunakan pada efek mekanika kuantum (Quantum Mechanilcal Effect) yang biasa disebut sebagai tunneling atau terowongan.

Komponen dioda tunnel pertama kali ditemukan pada tahun 1957 oleh Dr. Leo Esaki, inilah yang menjadi alasan mengapa dioda tunnel juga sering disebut dengan Diosa Esaki. Jenis dioda yang satu ini dibuat dari konsentrasi  ketidakmurnian yang tinggi sehingga akan menimbulkan efek tunnel.



Leave a Comment