Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Bridge


dioda bridge

Prinsip Kerja Dioda Bridge

Berdasarkan gambar diatas bisa kita lihat bahwa keempat komponen dioda diberi label D1, D2, D3, dan D4 yang disusun dalam bentuk “seri berpasangan” dan hanya ada dua dioda saja yang melalui arus satu sisi sinyal atau arus setengah siklus gelombang (half cycle).



Ketika sisi sinyal positif (+) ditambahkan ke Input-1 dan untuk sinyal negatif (-) ditambahkan ke input-2 dioda jembatan, rangkaian internal D1 dan juga D2 akan selalu berada pada kondisi Forward Bias yang akan melalui sinyal positif tersebut. Sementara untuk rangkaian internal D3 dan D4 akan selalu berada pada kondisi Reverse Bias yang bisa menghambat sisi negatifnya (bisa dilihat pada gambar (a) diatas).

Selanjutnya jika sinyal mengalami perubahan menjadi sinyal negatif (-) yang ditambahkan ke Input-1  dan untuk sinyal positif (+) ke Input-2 bridge diode maka rangkaian D3 dan D4 juga akan mengalami perubahan menjadi kondisi forward bias yang melewatkan.

Sementara untuk D1 dan D2-nya akan menjadi reverse bias yang bisa menghentikan sinyal sisi negatif (bisa dilihat pada gambar (b) diatas). Hasil akhir dari penyearah gelombang penuh bisa dilihat pada gambar (c) diatas.

Kelebihan Dioda Bridge

Kelebihan Dioda Bridge

Memang ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh dioda bridge jika dibandingkan dengan jenis dioda pada umumnya. Adapun kelebihan-kelebihan dioda bridge adalah sebagai berikut:

  • Full Wafe Rectifier adalah komponen dioda bridge yang bisa menghasilkan arus DC dengan gelombang Full Wave. Gelombang ini dinilai lebih unggul dan lebih baik, jadi akan lebih efisien jika dibandingkan dengan gelombang Half Wave.
  • Bridge diode memungkinan untuk pemasangan heatsink yang lebih besar dan mudah.
  • Dioda bridge memang lebih mudah dalam hal pemasangan. Hal ini karena tidak membutuhkan skill khusus untuk menangani polaritas. Semua polaritas dan input sudah tertulis dalam komponen dioda sehingga tidak membutuhkan banyak rancangan.
  • Komponen bridge dioda memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dioda stud yang besar. Bahkan perbandingan harga antara bridge diode dengan dioda stud untuk full wave bisa sampai 2x lipat.
  • Harga trafo yang digunakan jauh lebih murah. Dengan menggunakan trafo non center tap trafo sudah bisa menghasilkan arus besar meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil.
  • Bridge diode lebih mudah untuk ditemukan daripada dioda stud yang memiliki ukuran besar.

Kekurangan Dioda Bridge

Kekurangan Dioda Bridge