Cara Konversi Bilangan Desimal Ke Oktal


Jadi Hasil Konversi bilangan desimal 256 menjadi bilangan biner adalah 4008.

Cara Konversi Bilangan Oktal ke Bilangan Desimal



Selanjutnya untuk cara konversi bilangan oktal menjadi bilangan desimal adalah dengan mengkalikan bilangan oktal itu sendiri ke basis bilangan oktal, yakni 8 yang kemudian dipangkatkan dengan 0, 1, 2, 3, 4 dan seterusnya (dimulai dari yang paling kanan). Untuk lebih jelasnya barikut ini kami akan memberikan contoh soal konversi bilangan oktal menjadi bilangan desimal lengkap beserta penyelesaiannya.

Contoh:

Diketahui bilangan oktal 77(8). Silahkan anda konversi ke sistem bilangan desimal !

Jawab:

konversi bilangan oktal ke desimal

Gambar 1. Rumus dasar konversi bilangan oktal menjadi bilangan desimal adalah engan mengkalikan angka oktal dengan nilai posisi basisnya.

Jika anda sudah paham mengenai position value dari basis (radix) suatu sistem bilangan, maka untuk menyelesaikan masalah ini tidak akan sulit.

Pertama, anda harus membuat sebuah tabel bantu atau bisa juga dilakukan konversi langsung. Sebab, pada intinya anda hanya akan melakukan perkalian angka dengan radixnya. Perlu diingat bahwa nilai paling kecil adalah basis paling kanan (jika dilihat dari depan) yang kemudian dipangkatkan dengan angka 0.

Jika ditulis berdasarkan kaidah maka urutannya seperti ini…..80,81,82,83  dan seterusnya. Namun jika membahas mengenai nilai suatu angka maka penulisanya harus seperti ini…. dan seterusnya 83,82,81,80 . Lalu desimalkan nilai basis tersebut menjadi 512, 64, 8, 1 (bisa anda lihat pada gambar 1).

Nah, selanjutnya adalah mengkalikan perkalian sistem bilangan oktal dengan position valuenya. Pada contoh tersebut, anda harus mencari nilai 77(8) . Kemudian bisa langsung buat tabel seperti gambar 1. Dan untuk angka 777 bisa di posisikan mulai dari kiri.

8 1

7 7

Jadi, perhitungannya sekarang adalah (7×8) + (7×1) = 56 = 7 = 63 desimal.



Leave a Comment