Pengertian Desibel Suara Dan Cara Mengukurnya


Pengertian Desibel Suara Dan Cara Mengukurnya – Pengertian desibel suara secara umum adalah satuan yang biasa digunakan sebagai skala penguatan dalam sebuah rangkaian elektronika seperti pada peralatan audio dan komunikasi.



Besaran yang biasanya menggunakan skala penguatan desibel suara yaitu penguatan pada daya, tegangan, arus dan intensitas suara. Pada intinya, desibel merupakan satuan yang menunjukkan sebuah perbandingan atau rasio. Desibel biasa disingkat dengan “dB” yang memiliki arti sebagai perbandingkan diantara dua besaran pada skala logaritma.

Perlu diketahui bahwa penguatan sinyal suara dalam suatu rangkaian audio memiliki sifat tidak linear (non linear) sehingga tidak bisa menggunakan perkalian kelipatan secara langsung seperti output sinyal mempunyai  10 kali lipat atau 20 kali lipat penguatan input dari sinyal sehingga diharuskan untuk menggunakan satuan desibel yang berkala logaritma.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Noise Suara

Berikut ini kami akan memberikan contoh grafik yang dapat menggambarkan ketidaklinearan penguatan sinyal audio:

Desibel sebenarnya adalah turunan dari besaran bel, yang dimana 1 bel sebanding dengan 1/10 bel atau 0,1 bel. Pada prateknya, para engineer ataupun fisikawan lebih memilih untuk menggunakan satuan desi bel (desibel) jika dibandingkan dengan satuan bel. Hal tersebut karena bertujuan untuk menghindari angka di belakang koma yang terlalu banyak saat melakukan perhitungan.

Dalam menghitung desibel, penguatan atau gain sebuah sinyal umumnya ditandai dengan menggunakan tanda positif (+). Sementara itu, pelemahan atau loss ditandai dengan menggunakan tanda negatif (-).

Jadi apabila sinyal Output +6dB dari sinyal input maka hal tersebut menandakan bahwa telah terjadi penguatan output hingga 6dB dari sinyal ouput. Begitu pula sebaliknya, jika sinyal output -2dB dari sinyal input maka berarti telah terjadi pelemahan sinyal output hingga sebanyak 2dB terhadap sinyal input.

Desibel juga merupakan suatu unit logaritmis yang digunakan untuk mendiskripsikan sebuah rasio. Adapun rasio tersebut dapat berupa:

  1. Power atau daya
  2. Sound pressure atau tegangan suara
  3. Voltasi (voltage) atau tegangan
  4. Intencity (intensitas) atau beberapa hal yang lainnya

dB bahkan juga dapat dikombinasikan dengan Sone dan Phon yaitu satu yang berkaitan dengan kekerasan suara.

Rumus-rumus Desibel

Rumus Penguatan Daya

Penguatan Daya (dB) = 10 log10 (Pout / Pin)

Rumus Penguatan Tegangan

Penguatan Tegangan (dB) = 20 log10 (Vout / Vin)

Rumus Penguatan Arus

Penguatan Arus (dB) = 20 log10 (Iout /IVin)

Alat Pengukur Tekanan Suara Sound Meter

 



Leave a Comment