Daihatsu Classy, Harga Bekas dan Spesifikasi Lengkap

Saat ini mobil sedan memang kurang begitu digemari oleh masyarakat. Akan tetapi mobil ini mempunyai sejarah panjang di Tanah Air. Beberapa tahun silam mobil ini pernah menjadi primadona. Hal ini membuat banyak sedan baru bermunculan di pasaran.

Seperti Daihatsu Charade Classy atau juga dikenal dengan nama Daihatsu Classy. Mobil ini hadir pada tahun 1990-an dan ditujukan untuk menyaingi eksistensi Honda Grand Civic Suzuki Esteem hingga Toyota Corolla Twincam. Mobil Daihatsu ini dapat menjadi salah satu pilihan jika Anda mencari mobil sedan bekas murah. Mari kita bahas singkat detail obil ini.

Daihatsu Classy pada dasarnya mengusung basis Charade hatchback. Oleh karena itu desain keduanya tidak terlalu berbeda. Di bagian depan kedua mobil ini mengusung headlamp kaca buram, dengan bentuk trapesium. Tampilannya memang terlihat jadul. Tampilan depannya terkesan mengotak dan minimalis.

Begitu juga ketika melirik bagian samping. Daihatsu Classy bekas tampak tidak modern. Akan tetapi ada keunikan saat melihat sisi samping. Frame kaca mobil sedan ini berukuran besar. Walaupun terlihat kurang proporsional, hal ini membuat pandangan penumpang ke luar menjadi lebih luas.

Bagian buritan juga tampil minimalis dengan lampu belakang yang berbentuk mengotak. Di bagian tengah terdapat list berwarna merah yang membuat lampu belakang seolah-olah membentang dari kanan hingga kiri.

Sisi interior mobil Daihatsu ini juga terkesan simpel. Meski begitu fitur yang ditawarkan cukup menarik. Ada power window, electric mirror hingga fitur power steering. Karena ukurannya yang tergolong kompak, kabin Daihatsu Classy kurang begitu lega. Sehingga baris kedua akan lebih nyaman bila diduduki dua penumpang dewasa saja.

Melirik dapur pacunya, Daihatsu Classy mengandalkan mesin HC-C karburator berkapasitas 1.3 liter. Mesin ini juga dipakai pada Daihatsu Zebra dan Winner. Tenaganya diklaim mencapai 89 hp pada 6.500 rpm dengan torsi 105 Nm pada 4.000 rpm. Bahkan kecepatan mobil ini diklaim bisa menembus 140 km/jam.

Lalu berapa harga Daihatsu Classy bekas? Di pasar mobil bekas, harga Daihatsu Classy tentu bervariasi. Tergantung tahun produksi, kondisi hingga kelengkapan suratnya. Akan tetapi umumnya harga Daihatsu Charade Classy berkisar Rp 22 jutaan sampai Rp 40 jutaan.

Kelebihan-Kekurangan Daihatsu Classy

Sama seperti mobil bekas lainnya, Daihatsu Classy mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sebelum membelinya alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu. Ada beberapa plus minus yang bisa dicermati, antara lain:

Kelebihan Daihatsu Charade Classy Kekurangan Daihatsu Charade Classy
Mempunyai Akselerasi bagus Tampilan Cukup Ketinggalan Zaman
Konsumsi Bahan Bakar Sangat Irit Desain Body Belakang Kurang Bagus
Suku Cadang Tersebar Dimana mana Kaki Kaki Ringkih
Perawatan Mesin Cukup Mudah Suku Cadang Modifikasi Sangat Terbatas
Harga Sangat Terjangkau

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Daihatsu Classy. Meski mempunyai beberapa kekurangan, bukan berarti mobil Daihatsu bekas ini tidak menarik untuk dilirik. Apalagi jika Anda mencari mobil terjangkau murah. Beberapa poin minus dari mobil ini juga bersifat subjektif. Seperti tampilannya yang jadul, desain yang kurang menarik ataupun suku cadang modifikasi yang terbatas.

Apabila Anda tidak berniat untuk memodifikasi mobil dan tidak terlalu memikirkan desain, maka Daihatsu Classy bisa menjadi pilihan yang menarik. Akan tetapi jangan lupa untuk memeriksa kondisinya.

Spesifikasi Daihatsu Classy

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Daihatsu Classy, kini mari kita simak spesifikasi mobil bekas Daihatsu ini. Berikut daftar spesifikasi yang bisa Anda lihat.

Mesin
Jenis Mesin G102
Tenaga Maksimal 66kW
Torsi Maksimal 105Nm
Transmisi 5-speed manual
Kapasitas Silinder 1295cc
Rasio kompresi 9.5
Power to Weight Ratio 12.8:1 kW/ kg
Dimensi
P x L x T 1385 mm x 3995 mm mm x 1615mm
Ground Clearance 160 mm
Kursi penumpang 5
Kaki Kaki
Suspensi Belakang McPherson struts independen
Suspensi Depan McPherson struts independen
Rem Belakang DRUM
Rem Depan Cakram

Harga Daihatsu Classy Bekas

Tahun Harga
Harga Daihatsu Charade Classy tahun 1991 Rp. 35 juta
Harga Daihatsu Charade Classy tahun 1992 Rp. 40 juta
Harga Daihatsu Charade Classy tahun 1994 Rp. 45 juta
Harga Daihatsu Charade Classy tahun 1998 Rp. 47 juta

Harga mobil Daihatsu Classy bekas bisa berbeda-beda, tergantung beberapa faktor. Seperti kondisi mobil ataupun kelengkapan suratnya. Jangan lupa untuk mencermati kondisi keseluruhan mobil supaya tidak rugi di kemudian hari.

Itulah informasi seputar Daihatsu Classy. Karena statusnya sebagai mobil tua, jangan lupakan soal komponen mobil, terlebih jika mobil pilihan Anda mempunyai jam terbang yang tinggi.

Leave a Comment