Daihatsu Ceria, Harga Bekas, Kelebihan-Kekurangan dan Spesifikasi

Daihatsu punya sejarah yang tidak singkat dalam dunia otomotif. Begitu juga ketika hadir di Indonesia. Merek mobil ternama asal Jepang ini sudah beberapa dekade memasarkan mobil buatannya di Tanah Air. Selama itu pula beragam mobil Daihatsu bermunculan di pasaran.

Baik mobil MPV, city car, SUV, pikap dan lain sebagainya. Saat ini ada beberapa mobil yang dijual oleh Daihatsu. Seperti Xenia yang menjadi salah satu tulang punggung penjualan Daihatsu, Sigra yang merupakan saudara kembar Calya, Terios, Gran Max dan lain sebagainya. Sebenarnya mobil itu hanya segelintir model yang pernah dihadirkan oleh Daihatsu.

Jika melihat beberapa tahun yang lalu, ada model lain selain yang disebutkan di atas. Salah satunya adalah Daihatsu Ceria. Mungkin Anda tidak terlalu asing dengan city car yang satu ini. Mobil yang dirilis perdana pada 29 Agustus 1994 ini merupakan model rebadge dari Perodua Kancil. Daihatsu Ceria dirancang dengan mengusung basis Daihatsu Mira L200.

Salah satu keunggulannya adalah tawaran harga mobil yang terjangkau. Mobil ini juga menjadi salah satu pilihan jika konsumen ingin mendapatkan mobil bekas dengan harga murah. Walaupun sudah berumur, tidak terlalu sulit untuk menemukan mobil Daihatsu bekas ini.

Jika di showroom atau dealer mobil bekas di dekat tempat tinggal Anda tidak ada, maka Anda bisa lanjutkan penelusuran di internet. Di situs jual beli mobil bekas ada banyak yang menjual Daihatsu Ceria. Lalu seperti apa tawaran mobil perkotaan yang satu ini?

Berstatus sebagai city car, maka dimensi mobil ini dibuat mungil. Panjangnya 3.365 mm, dengan lebar mencapai 1.405 mm dan tinggi mencapai 1.415 mm. Bobotnya tergolong cukup ringan, yakni 700 kg.

Mobil ini tersedia dalam beberapa tipe. Tipe paling rendah adalah Ceria KL yang tidak dilengkapi dengan fitur penunjang kenyamanan. Selain itu ada varian KL Plus yang dilengkapi head unit dan AC. Ciri khas varian ini adalah balutan dua warna di bagian eksteriornya. Di samping itu ada tipe KX yang mempunyai fitur lebih banyak.

Tampilan eksterior mobil ini memang terlihat jadul. Begitu juga dengan bagian interiornya. Tidak hanya itu, mengingat mobil ini sudah cukup tua maka jangan lupakan soal pengecekan komponen Daihatsu Ceria. Pastikan kondisi mobil masih layak jual dan sesuai dengan harga jualnya.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria

Kelebihan Daihatsu Ceria

  • Sangat irit BBM.
  • Tarikan dahsyat.
  • Harga murah.
  • Mudah diparkir.
  • Torsi nendang di putaran bawah.
  • Bantingan suspensi cukup nyaman.
  • Sparepart relatif terjangkau.
  • Dapat di servis di sembarang bengkel.

Kekurangan Daihatsu Ceria

  • Brand Daihatsu kurang populer.
  • Kabin sempit.
  • Tenaga kecil.
  • Minim fitur.
  • Sparepart terbatas.
  • Teknologi mesin jadul.
  • Minim peminat.
  • Depresiasi harga cukup tinggi.

Spesifikasi Daihatsu Ceria

Mesin
Tipe Mesin ED-10 0.85 liter
Kapasitas Silinder 850cc
Power Maksimal 36 HP @5.500 RPM
Torsi Maksimal 63 Nm @3.200 RPM
Bore x stroke 66.6 mm x 81 mm
Konsumsi BBM 17-21 km/L (luar kota) 14-16 km/L (dalam kota)
Dimensi
P x L x T 3.365 x 1.405 x 1.415 mm
Jarak Roda 1200 mm
Jarak Pijakan Depan/Belakang 1,400mm / 1,400mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
Berat Kosong
Sasis
Sistem Kemudi Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Rem Tambahan
Suspensi Depan MacPherson Strut Independent
Suspensi Belakang Semi trailing independent
Ban/Velg 145/80R13

Harga Mobil Daihatsu Ceria Bekas

Tipe
Harga
Harga New Ceria KX Rp 52 – 60 juta
Harga New Ceria KL Plus Rp 45 – 52 juta
Harga New Ceria KL Rp 40 – 45 juta
Harga Ceria KX-R Rp 47 – 60 juta
Harga Ceria KX Rp 42 – 47 juta
Harga Ceria KL Plus Rp 35 – 42 juta
Harga Ceria KL Rp 30 – 35 juta

Sebagai pengingat, jangan lupakan soal kondisi mobil ketika memutuskan untuk membeli Daihatsu Ceria. Karena termasuk mobil yang sudah berumur, maka jam terbang mobil ini kebanyakan sudah tinggi. Maka dari itu cermati kondisi keseluruhan mobil.

Seperti ruang mesin Daihatsu Ceria. Pastikan kondisinya masih baik, tidak ada bekas modifikasi, rembesan oli dan hal-hal lain yang mencurigakan. Di samping itu cek bodi mobil ini. Pastikan tidak ada bekas cat ulang atau tabrakan. Biasanya mobil bekas tabrakan tampak tidak simetris, terutama di lipatan-lipatan.

Juga perhatikan fitur-fitur yang ada pada mobil ini dan pastikan masih bekerja dengan baik. Misalnya kunci kontak, switch lampu besar, switch high beam, AC, power window dan lain sebagainya. Kebersihan jok juga masuk dalam kriteria. Pastikan interior mobil tidak bau dan lantai tidak kotor.

Di samping itu Anda juga bisa memeriksa kondisi di bawah kolong mobil. Cermati keutuhan lantai, knalpot dan juga frame di sekitar roda. Pastikan tidak ada keropos atau bekas las.

Sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperiksa.Langkah-langkah di atas adalah gambaran untuk Anda supaya memudahkan Anda dalam memilih mobil bekas yang masih layak dibeli.

Leave a Comment