Corona Absolute, Harga, Kelebihan-Kekurangan dan Spesifikasi

Sebagai salah satu pabrikan mobil terbesar, Toyota telah menghadirkan banyak mobil baik di pasar global maupun pasar otomotif Indonesia. Jika melihat ke belakang, mungkin Anda pernah mendengar Toyota Corona Absolute atau Corabs. Mobil ini dihadirkan untuk mengisi kelas di atas Great Corolla.

Kala itu mobil ini mempunyai beberapa kompetitor. Seperti Mazda Cronos, Honda Accord Cielo dan Galant Lele. Hanya saja penjualannya kurang baik sehingga digantikan oleh Toyota Camry pada tahun 2000. Walaupun kurang laris bukan berarti mobil Toyota yang satu ini tidak mempunyai keunggulan apapun untuk ditawarkan kepada masyarakat.

Di pasar mobil bekas Toyota Corona Absolute juga masih banyak dijual. Tidak hanya itu, harga mobil bekas ini juga cukup terjangkau. Kisaran harga Toyota Corona Absolute mencapai Rp 25 jutaan sampai Rp 45 jutaan. Akan tetapi harga bisa jadi lebih murah atau lebih tinggi karena beberapa faktor.

Melihat detail mobil sedan bekas Toyota ini, kesan yang terlintas pertama kali adalah sederhana namun cukup aerodinamis. Desain eksteriornya memang terkesan minim guratan garis tajam. Begitu juga tampilan fascia yang tergolong biasa-biasa saja. Meski begitu mobil ini masih cukup menarik untuk sebuah sedan lansiran 1992.

Sisi interior juga terkesan cukup jadul. Akan tetapi untuk segi kenyamanan ketika dipakai berkendara lain ceritanya. Toyota Corona Absolute dilengkapi dengan tombol-tombol pengaturan yang letaknya dapat dijangkau dengan mudah oleh pengemudi. Fitur yang ditawarkan secara keseluruhan masih sama dengan Great Corolla.

Akan tetapi Toyota menambahkan fitur Electronic Control Transmission (ECT) untuk transmisi matic. Keunggulan lain mobil ini adalah kabin yang terkesan lapang, baik untuk headroom maupun legroom. Hanya saja posisi kursi yang terlalu rendah membuat visibilitas pengemudi sedikit terganggu.

Toyota Corona Absolute dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1,6 liter. Mesin ini mempunyai tenaga 113 hp pada 3.600 rpm dengan torsi 137 Nm pada 4.800 rpm. Opsi lainnya ada mesin berkapasitas 2,0 liter yang sanggup menyajikan daya hingga 126 hp pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimum 177 Nm pada 4.400 rpm.

Meski begitu ada beberapa kekurangan dari mobil ini. Salah satunya mesin 2,0 liter dinilai boros bahan bakar. Selain itu harga sparepart mobil ini juga mahal. Di samping itu komponen power steering dikeluhkan sering bocor. Harga jual kembali yang rendah juga menjadi catatan dari mobil ini. Untuk mengetahui lebih detail, berikut adalah spesifikasi, plus-minus dan harga Corona Absolute.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corona Absolute

Kelebihan Toyota Corona Absolute Kekurangan Toyota Corona Absolute
Mesin bertanag dan optimal Aksesoris kabin langka
BBM cukup irit Power steering sering bocor
Ruang kabin sangat lega Harga jual kembali rendah
Stabil pada kecepatan tinggi
Sangat nyaman

Toyota Corona Absolute menawarkan sejumlah kelebihan dan juga kekurangan. Salah satu tawaran menarik dari mobil Toyota ini adalah interiornya yang lapang dan bagasi yang luas. Interior yang lapang akan memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada pengguna selama perjalanan.

Mobil ini juga tergolong stabil saat diajak melesat dalam kecepatan tinggi. Toyota Corona Absolute juga tergolong irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Untuk 1 liter BBM bisa dipakai menempuh 7-9 km untuk perjalanan dalam kota dan 10-12 km untuk luar kota.

Hanya saja harga jual kembali mobil sedan Toyota ini cukup rendah. Berbeda dengan mobil bekas Toyota lainnya. Di samping itu mobil ini mempunyai ukuran yang cukup bongsor. Alhasil kurang lincah dan gesit saat melakukan akselerasi di jalanan perkotaan. Permasalahan lain dari Toyota Corona Absolute adalah power steering yang sering bocor.

Spesifikasi Toyota Corona Absolute

Dimensi
Panjang 4,520 mm
Lebar 1,695 mm
Tinggi 1,410 mm
Bobot 1,200 kg
Kapasitas Tempat Duduk 5 Orang
Sasis
Suspensi Belakang MacPherson Struts Independent
Suspensi Depan MacPherson Struts Independent
Sistem Rem Belakang Ventilated Disc
Sistem Rem Depan Ventilated Disc
Ukuran Ban Belakang
Ukuran Ban Depan
Mesin
Jenis Mesin 4A-FE 1.6 L & 3S-FE 2.0 L
Isi Silinder 1600cc & 2000cc
Bahan Bakar Premium
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Diameter Langkah
Konsumsi BBM 7-9 km/L (Dalkot) / 10-12km/L (Lurkot)
Transmisi 5-Speed manual, 4 otomatis
Torsi Maksimum 137Nm@ 4.800RPM(1,6) & 177Nm@4.400RPM(2.0)
Daya Maksimum 113HP@3.600RPM(1.6) & 126HP@5.600RPM(2.0)

Harga Toyota Corona Absolute

Type Harga
Harga Toyota Corona Absolute 1.6 Rp 35.000.000 –  40.000.000
Harga Toyota Corona Absolute 2.0 Rp 40.000.000 –  60.000.000

Harga Toyota Corona Absolute bekas ditentukan oleh berbagai faktor, sama seperti mobil bekas pada umumnya. Hal ini yang membuat harga mobil bisa berbeda-beda. Maka dari itu jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu murah.

Leave a Comment