Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana


Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana – Listrik yang digunakan pada rumah dan gedung – gedung lainnya perlu dilakukan instalasi listrik apabila ingin menggunakan listrik tersebut. instalasi listrik sangat penting untuk dilakukan perencanaan, perhitungan dan juga melakukan instalasi yang baik agar mendapatkan hasil yang baik pula tanpa mengesampingkan keselamatan penghuni rumah atau gedung tersebut.



Setiap bangunan minimal ada 1 MCB yang dapat digunakan untuk pengamanan kelisrikan dari terjadinya kelebihan beban yang dapat menyebabkan korsleting listrik. Contohnya saja banyak kasus kebakaran yang disebabkan dari pemasangan instalasi listrik yang kurang baik, sambungan longgar ataupun kesalahan penyambungan. Instalasi listrik dari sumber listrik dilakukan oleh petugas PLN, sedangkan untuk instalasi kelistrikan sampa ke pertitik penggunaannya merupakan tanggung jawab pemilik rumah atau gedung.

Baca juga: Cara Memasang Kabel Antena TV Ke Boster

Baca juga: Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk

Pengertian Instalasi Listrik Rumah Tangga

Instalasi listrik rumah tangga merupakan sistem dari rangkaian kelistrikan yang dapat digunakan untuk melakukan penyaluran daya listrik ke peralatan listrik dalam menunjang kenyamanan aktifitas rumah tangga dalam sehari – hari. Secara garis besar dapat instalasi listrik dibagi menjadi dua yaitu:

Instalasi Pencahayaan Listrik

Merupakan sistem kelistrikan yang digynakan untuk memberikan daya listrik pada lampu dan merupakan dungsi utama listrik yang dikarenakan pada kondisi gelap akan mengalami kesulitan dalam identifikasi objek di dalam rumah.

Instalasi Daya Listrik

Merupakan instalasi kelistrikan yang dapat digunakan untuk suplai listrik selain lampu seperti perabotan rumah tangga yaitu kulkas, televisi, mesin cuci, dll.

Dalam melakukan instalasi listrik haruslah direncanakan dengan benar dan tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan penghuni. Instalasi listrik ini terdapat standar yang disebut dengan PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) sehingga dapat memaksimalkan dungsi dengan tidak menguangi estetika bangunan rumah.



Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Grounding Pada Instalasi Listrik

Diagram Instalasi Listrik Rumah Tangga

Apabila kita ingin melakukan instalasi listrik di rumah tinggal maka haruslah membuat diagram instalasi listrik rumah tangga terlebih dahulu. Diagram tersebut didasarkan pada denah bangunan yang harus jelas dan juga mudah untuk dimengerti maupun dibaca agar memudahkan instalatir dalam memahami aliran listrik dan prosen penyambungan kabel. Berikut ini adalah diagram kelistrikan yang sudah berstandar dibagikan menjadi 3 janis yaitu:

Gambar Situasi

Untuk jenis diagram ang pertama adalah gambar situasi dimana memiliki fungsi untuk menjelaskan letak atau posisi bangunan yang akan dilakukan instalasi serta penyambungan dengan jaringan listrik PLN terdekat. Dibawah ini terdapat gambar yang menjelaskan suatu rumah dengan alamat lengkap dan jarak ke sumber listrik terdekat.



Leave a Comment