Ciri Ciri Kerusakan IC Vertikal TV


Kerusakan IC Vertikal TV – Intergrated Circuit atau yang sering dikenal singkatannya adalah IC yang merupakan komponen elektronika aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan transistor, dioda, resistor dan juga kapasitor yang dilakukan pengitegrasian menjadi suatu rangkaian elektronika didalam kemasan yang kecil.



Bahan utama dari pembuatan IC ini adalah semikonduktor dimana silikon dari semikonduktor ini yang paling sering digunakan pada telnologi fabrikasi integratesn Circuit (IC). Sebelum terciptanya teknolohi ini peralatan elektronik pada umumnya menggunakan tabung vakum sebagai komponen utama yang selanjutnya digantikan oleh transistor yang lebih kecil. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai IC yang terdapat pada blok atau bagian vertikal yang ada didalam televisi.

Pada penggunaan televisi dalam sehari – hari pasti akan ada saatnya televisi tersebut mengalami masalah atau kerusakan yang dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satu penyebab yaitu rusaknya IC yang terdapat pada bagian vertikal yang ada didalam televisi tersebut.

Baca juga: Membuka TV Yang Terkunci Tanpa Remote

Kerusakan Bagian Vertikal pada Televisi

Berikut ini adalah beberapa tanda – tanda apabila TV sedang mengalami masalah atau kerusakan pada IC vertikal didalam TV tersebut:

1) TV tersebut dapat menyala suara dan gambar bagus tapi bagian bawah layar terdapat warna hitam kueang lebih 1cm



2) TV dapat menyala suara dan gambar bagus tapi gambar tidak penih atau mengecil atas dan bawah

3) Bagian atas layar TV terdapat garis – garis mendatar dan gambar pada bagian atas seperti terlipat

4) TV dapat menyala terdapat suara tapi layar hanya bergaris mendatar

5) Gambar tidak linier, biasanya pada bagian bawah pendek tapi bagian atas memanjang

6) TV mati stanby dan terukur tegangan supply vertikal drop dan tegangan B+ drop juga

7) TV mati stanby tapi dapat menyala degab layar menyempit dan terdapat garis melengkung pada bagian tepi atas dan bawah layar



8) Gambar yang tampil hanya setengah layar bagian bawah

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Sharp Stanby

Cara Memperbaiki Vertikal TV

Berikut ini adalah cara memperbaiki kerusakan IC pada bagian vertikal televisi yang didasarkan pada tanda – tanda yang muncul seperti dijelaskan sebelumnya yaitu:

1) Untuk kerusakan no. 1 s/d 5 bisa dengan menyolder ulang semua titik pada bagian vertikal, jika belum berhasil ganti elco-elconya dan juga resistornya. Kalau semua elco dan resistor sudah diganti tetapi (pada kasus gambar menyempit) coba masuk ke servis mode.

2) Untuk kerusakan no.6, ganti IC vertikalnya.

3) Untuk kerusakan no.7,8 cek defleksi yoke, ic osilator vertikal.



Cara Mengecek IC bagian Vertikal Rusak

Sebelum melakukan perbaikan pada televisi disarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah benar mengalami kerusakan IC bagian vertikal, berikut ini adalah cara dalam melakukan pengecekan tersebut:

  • Pegang pendingin IC vertikal pada saat TV pertama dinyalakan
  • Ukurlah Tegangan dari Vcc IC vertikal tersebut
  • Perhatikan apakah terdapat kerusakan pada Body IC vertikal itu
  • Ukur tegangan output dari IC vertikal

Baca juga: IC 555, Rangkaian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

Hal – Hal yang Muncul pada Display TV Saat Mengalami Rusak Bagian Vertikal

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan muncul pada display TV apabila TV tersebut mengalami kerusakan IC pada bagian vertikal

TV Rusak Garis Horizontal

Hal yang paling sering muncul pada display saat mengalami IC vertikal yang rusak adalah muncul garis horizontal pada TV CRTseperti gambar dibawah ini. Penyebab dari hal ini adalah kerusakan pada deflection yoke yang terputus atau karena short.



Leave a Comment