Ciri Ciri V Belt Rusak dan Harus Segera Diganti

Waktu Mengganti V-Belt – Pasar sepeda motor di Indonesia masih terbilang tinggi. Hal ini dikarenakan motor lebih mudah dipakai. Pemilik bisa bepergian ke mana saja dengan mudah tanpa harus perlu menunggu seperti jika menaiki kendaraan umum. Di sisi lain sarana transportasi umum di Tanah Air belum begitu baik. Hal ini membuat sebagian masyarakat enggan untuk memanfaatkannya.

Akan tetapi di balik kemudahan dari motor pasti ada kekurangan. Setiap motor, baik motor bebek, motor matic maupun motor sport perlu perawatan berkala. Sebab komponen yang ada di dalamnya mempunyai masa pakai. Suatu saat komponen tersebut akan mengalami kerusakan atau permasalahan sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Begitu juga dengan motor matic. Ada komponen dari motor matic yang bisa rusak seiring penggunaan. Seperti V-Belt motor matic. Bisa jadi v-belt motor ini putus di tengah jalan. Alhasil perjalanan pengguna menjadi terganggu karena harus memperbaikinya terlebih dahulu.

Memang tidak diketahui pasti kapan v-belt motor matic akan rusak. Akan tetapi bukan berarti hal tersebut bisa dicegah atau dicermati gejalanya.

Penyebab v-belt skuter matik putus karena munculnya retakan-retakan pada komponen tersebut. Hanya saja pemilik tidak menyadarinya. Maka dari itu pemilik perlu mengecek dan membersihkan CVT secara rutin.

Untuk diketahui, v-belt motor yang putus tidak hanya membuat skutik tidak dapat berjalan, namun juga membuat roller peyang dan rumah roller menjadi rusak. Tentu saja Anda tidak ingin mengalaminya, bukan?

ciri ciri v belt rusak memang hanya bisa dilihat dengan mengeceknya secara langsung. Ketika memeriksa v-belt, perhatikan lekukan berbentuk “v”. Bila terlihat retakan atau belt sudah longgar maka disarankan untuk segera menggantinya.

Masa pakai v belt motor matic tidak hanya didasarkan pada kilometer yang ditempuh saja. Beban yang sering dipikul kendaraan juga turut mempengaruhi. Idealnya setiap enam bulan sekali komponen motor tersebut harus dicek. Sedangkan ciri ciri v belt motor matic rusak adalah terdengar bunyi gesekan.

Di samping itu ciri-ciri lainnya adalah munculnya getaran ketika pertama kali motor matic dipakai. Getaran juga dirasakan ketika motor berakselerasi di perjalanan. Contohnya ketika jalan macet atau rintangan seperti jalan rusak maupun polisi tidur.

Itulah informasi seputar ciri ciri v belt rusak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, terutama para pengguna motor matic. Dengan begitu kerusakan parah bisa dihindari.

Leave a Comment