Cara Setting Remote TV Tanpa Tombol Set


Setting Remote TV Universal Tanpa Tombol Set – Tombol SET yang ada pada remote TV universal pada umumnya bisa digunakan sebagai pengatur kode remote yang terdiri dari tiga angka. Tombol ini hanya ada khusus untuk  remote TV universal saja, seperti Joker dan Chunghop.



Perlu diketahui bahwa saat ini sudah ada banyak sekali merk remote TV yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, Anda bisa membelinya secara online atau offline. Remote TV ini pada umumnya hanya dapat digunakan untuk satu merk TV saja, tetapi sekarang sudah ada remote TV universal yang dapat digunakan untuk seluruh merk TV dengan cara memasukan kode remote yang sesuai.

Nah, maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai cara setting remote TV tanpa tombol SET. Supaya lebih jelas mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Kode Remote TV Universal Dan Cara Setting

Cara Setting Remote TV Tanpa Tombol SET

Remote TV terbagi dalam dua jenis, yaitu universal (multifungsi) dan non universal (tanpa tombol set). Berikut ini adalah sedikit pembahasan mengenai kedua jenis tombol tersebut:

  1. Remote TV Universal

Remote TV universal merupakan jenis remote yang paling banyak digunakan oleh masyarakat berbagai kalangan dan juga jenis televisi. Jenis remote yang satu ini biasa digunakan khusus untuk televisi tabung, namun tak jarang ada juga yang menggunakannya untuk TV LED.



Kelebihan remote TV universal adalah mudah untuk dioperasikan. Setiap remote TV universal sudah dilengkapi dengan adanya tombol SET, dimana tombol set berfungsi untuk memasukkan kode remote TV yang sudah disediakan. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas kanan, tetapi ada juga yang terletak di bagian paling bawah. Sedangkan untuk masalah kode remote TV yang digunakan tergantung dari merk TV yang digunakan.

Baca juga: Kode Remot TV Samsung LED, LCD Dan Tabung

  1. Remote TV Non Universal (Tanpa Tombol Set)

Jenis remote TV yang kedua adalah Non Universal. Remote TV Non Universal hanya bisa digunakan untuk satu merk saja. Jika misalnya Anda menggunakan TV LED merk Polytron 24 inch, maka remote yang digunakan juga harus memiliki merk yang sama.

Jika remote tersebut mengalami error atau kerusakan, maka Anda harus membeli remote dengan merk yang sama dengan merk TV yang Anda punya. Berbeda dengan remote Universal, remote TV Non Universal ini  tidak dilengkapi dengan tombol SET. Jadi tetap bisa digunakan tanpa setting sekalipun.

Setelah mengetahui perbedaan antara remote TV universal dan non universal, maka berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara remote TV universal. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama pastikan bahwa TV dalam kondisi menyala atau hidup.
  • Lalu tekan tombol SET selama beberapa saat atau sampai lampu indikatornya menyala.
  • Masukkan kode aktivasi yang sesuai dengan merk.
  • Jika kodenya sudah sesuai maka secara otomatis lampu indikator akan mati.
  • Setting sudah selesai dilakukan dan remote bisa digunakan setiap saat.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa cara setting TV tanpa tombol SET (non universal) hanya bisa digunakan khusus untuk satu merk saja. Namun jika Anda masih tetap ingin menggunakannya untuk merk TV yang lain maka Anda bisa membeli remote TV universal.





Leave a Comment