Cara Resetter / Reset Epson L360


Cara Resetter / Reset Epson L360 – Seiring dengan perkembangan jaman mulai terciptalah suatu perangkat elektronika yang dapat digunakan untuk menghasilkan output berupa cetak seperti surat atau gambar, dan lain sebagainya.



Perangkat elektronika tersebut adalah printer. Printer tersebut akan dapat menampilkan sesuatu dengan melakukan cetak pada kertas. Sedangkan seringkali dalam penggunaan printer tersebut mengalami hal – hal seperti printer tidak berjalan atau error atau juga dapat mengalami kertas pada printer tersebut macet. Hal seperti itu dapat selesaikan dengan cara yang disebut dengan Resetter.

Pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana melakukan reset kepada printer epson yang memiliki type L360. Tetapi sebelumnya kita bahas terlebih dahulu tentang resetter mulai dari pengertian sampai penyebab mengapa harus melakukan reset pada printer.

Baca juga: Mengenal Ferrite Bead Dan Kegunaannya

Baca juga: Pengertian Dan Jenis USB (Universal Serial Bus)

Pengertian Resetter

Restter merupakan suatu kejadian dimana dilakukan pengkosongan dan peresetan kembali memori dari pencetak printer sehingga dapat dilakukan pengeprintan kembali atau dapat disebut melakukan print (cetak) ulang.



Sedangkan untuk reset printer memiliki pengertian yaitu ketika sebuah printer yang telah digunakan mengalami macet atau mogok dalam melakukan kerjanya yang dapat ditandai dengan lampu LED yang menyala secara bergantian atau biasa disebut dengan berkedip atau juga dapat disebut blinking.

Hal tersebut dapat terjadi akibat adanya beberapa penyebab sehingga printer menjadi macet atau error dalam melakukan print (cetak) dokumen. Dalam hal reset dapat dilakukan oleh ahlinya (teknisi) printer atau dapat dilakukan sendiri, akan tetapi dalam melakukan reset printer yang dilakukan sendiri tentu harus mempertimbangkan beberapa resiko yang mungkin terjadi.

Hal tersebut dapat digambarkan dengan ketika kita ingin melakukan reset printer tanpa mengetahui dasar – dasar untuk melakukannya, maka ada kemungkinan printer tersebut dapat mengalami mati total yang dapat mengakibatkan printer tersebut tidak berfungsi.

Penyebab Dilakukan Resetter

Dalam melakukan reset printer terlebih dahulu anda dapat mengetahui apa saja penyebab – penyebab yang dapat memungkinkan printer anda menjadi macet atau error pada saat digunakan. berikut beberapa penyeban yang mungkin terjadi yaitu:

Paper Jam

Salah satu penyebab terjadinya printer menjadi error saat melakukan printing adalah paper jam. Paper jam sendiri memiliki pengertian yaitu adanya bagian kertas yang menghalangi perputaran printer yang dapat menyebabkan printer tidak dapat menempatkan cartridge dan juga melakukan hal lainnya sesua kebutuhan dari pemilik atau pengguna printer tersebut.

Hal tersebut haruslah dihindari karena dapat menyebabkan printer tersebut dilakukan reset serta dapat menmbah lama waktu dalam melakukan percetakan dan juga dapat menjadi resiko memperlama jatah waktu pakai dari printer tersebut. Paper jam dapat terjadi ketika printer terdapat banyak kertas yang perlu dilalukan print atau cetak.



Tinta Habis

Selain penyebab sebelumnya ada juga hal lain yang dapat menyebabkan printer menjadi error saat digunakan dan membutuhkan untuk dilakukan reset yaitu karena tinta pada printer tersebut habis. Penyebab habisnya tinta tersebut dapat didasarkan dari beberapa hal, mulai dari telat untuk melakukan pengisian tinta, saluran tinta pada printer tidak lancar, dll. Masalah ini dapat menyebabkan cartridge tidak memilikan cukup tinta untuk melakukan percetakan (print). Apabila hal ini terus dibiarkan dapat membuat masa pakai dari cartridge menjadi berkurang cukup banyak.

Cartridge Error

Penyebab lain dari printer error tidak dapat digunakan adalah cartridge pada printer mengalami error. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal selain dari dua penyebab printer error sebelumnya, penyebab lainnya adalah karena sudah terlalu banyal dan terlalu lama dipakai, mengalami cacat fisik, dll. Apabila cartridge dari printer tersebut rusak maka secara otomatis printer tersebut tidak dapat digunakan.



Leave a Comment