Cara Pemasangan Dioda Yang Benar


Cara Pemasangan Dioda Yang Benar – Dioda merupakan salah satu komponen elektronika yang sering dijumpai dalam penggunaannya sehari – hari. Seperti namanya yaitu “di” yang berarti “dua” dan “oda” adalah “elektroda” yang menjadikan pengertian dioda yaitu dua elektroda.



Dioda merupakan komponen elektronik aktif yang terdbuat dari bahan semikonduktor dan memiliki 2 elektroda yaitu anoda (anode “+”) dan katoda (cathode “-”). Dimana komponen ini sering digunakan pada beberapa rangkaian elektronika yang berfungsi sebagai penghantar arus satu arah atau tegangan maju dan dapat menghambat arus pada arus sebaliknya.

Jadi dapat dianalogikan bahwa dioda berfungsi sebagai sebuah katup elektronika. Berdasarkan dari fungsunya yang hanya dapat menghantarkan arus satu arah maka komponen ini sering diaplikasi pada rangkaian sebagai sebuah dioda penyearah.

Baca juga: Kode Dioda Dan Voltase Dioda

Terdapat beberapa rangkaian elektronika dan rangkaian listrik yang banyak menggunakan dioda sebagai salah satu komponen pendaping yang berperan sangat penting dalam menghasilkan keluaran tertentu sesuai dengan perancangan yang dibutuhkan.

Secara garis besar Dioda ini memiliki 2 cara kerja utama yaitu forward biased dan reverse biased. Dioda ini akan mengalirkan arus DC ketika difungsikan sebagai forward biased dan akan melakukan blok pada tegangan DC jika difungsikan sebagai reverse biased.

Baca juga: Jenis Jenis Dioda Dan Gambarnya

Akan tetapi pada prakteknya berbeda dari penjelasan sebelumnya karena agar dioda dapat bekerja maka harus terdapat teganagn bias pada kaki – kaki dioda tersebut sebesar 0,7 VDC pada dioda silikon dan 0,3 VDC untuk depda dengan bahan germanium, hal tersebut berarti yang mengalir pada rangkaian akan terpotong sebesar tegangan bias tersebut.

rangkaian dioda rectifier



Leave a Comment