Cara Menghitung Statistik Dasar Matematika


2. Persentil



Baca juga: Materi Analisis Korelasi Dan Regresi Sederhana

Ukuran Penyebaran

Ukuran penyebaran menunjukkan penyebaran data tersebut dan berkaitan dengan simpangan atau lebar data dari nilai yang tertentu. Adapun contohnya adalah jangkauan, hamparan, simpangan, kuartil, dan simpangan rata-rata.

Jangkauan (J)

Jangkauan merupakan selisih antara nilai data terbesar dengan nilai data terkecil. Jangkauan terbagi menjadi dua yaitu jangkauan data tunggal dan jangkauan data kelompok.

1. Jangkauan Data Tunggal

2. Jangkauan Data Kelompok

Hamparan (Jangkauan Antar Kuartil) (R)

Hamparan merupakan selisih antara nilai kuartil atas dengan kuartil bawah. Hamparan terdiri dari hamparan untuk data tunggal dan kelompok. Sedangkan rumusnya adalah sebagai berikut:

Simpangan Kuartil (Qd)

Simpangan kuartil merupakan simpangan antara kuartil yang terdiri dari simpangan antar kuartil untuk data tunggal dan kelompok. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Simpangan Rata – Rata

Simpangan rata-rata merupakan simpangan terhadap rata-rata yang terdiri dari :

Simpangan Rata – Rata Data Tunggal

Simpangan Rata – Rata Data Kelompok

Simpangan Baku

Simpangan baku merupakan akar dari jumlah kuadrat deviasi yang dibagi dengan banyaknya data. Simpangan baku terdiri dari:

Simpangan Baku Data Tunggal

Simpangan Baku Data Kelompok

Ragam atau Variasi

Ragam atau variasi terbagi menjadi dua yaitu ragam data tunggal dan ragam data kelompok. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

Ragam Data Tunggal

Ragam Data Kelompok

Contoh Soal Statiska Dasar

1. Penghasilan rata-rata untuk 6 orang adalah Rp4.400,00. Ketika seseorang tiba, penghasilan rata-rata adalah Rp4.800,00. Penghasilan orang-orang yang baru datang adalah …

Jawabannya : Pendapatan rata-rata 6 orang adalah 4.500, total pendapatan enam orang dengan demikian 4.500 x 6 = 27.000.
Kembali, pendapatan rata-rata 7 orang adalah 4.800, total pendapatan 7 orang 4.800 x 7 = 33.600. Dengan demikian, pendapatan mereka yang masuk adalah 33.600 – 27.000 = 6.600.



Leave a Comment