Menghitung Koefisien Korelasi Excel Dan Manual


Menghitung Koefisien Korelasi Excel Dan Manual – Koefisiensi merupakan sesuatu yang biasa digunakan untuk menyatakan sebuah hubungan. Dalam suatu penelitian, hubungan ini biasanya dinyatakan berupa angka-angka (koefisien). Sedangkan koefisiensi korelasi sendiri berarti sebagai suatu nilai yang akan memberikan gambar mengenai hubungan linier yang terjadi diantara dua buah variabel, apakah kuat atau lemah. Koefisiensi umumnya dilambangkan dengan simbol berupa huruf “r”.

Cara menghitung koefisiensi korelasi bisa dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi pearson (rumus product moment) ataupun menggunakan Microsoft Excel atau berbagai program aplikasi statistika yang lainnya seperti Minitab dan SPSS.



Adapun rumus korelasi pearson (product moment) yang digunakan untuk menghitung koefisiensi korelasi adalah sebagai berikut:

Keterangan:

n adalah Banyaknya Pasangan data X dan Y
Σx adalah Total Jumlah dari Variabel X
Σy adalah Total Jumlah dari Variabel Y
Σx2 adalah Kuadrat dari Total Jumlah Variabel X
Σy2 adalah Kuadrat dari Total Jumlah Variabel Y
Σxy adalah Hasil Perkalian dari Total Jumlah Variabel X dan Variabel Y

Untuk memudahkan Anda dalam menghitung koefesiensi korelasi, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel. Microsoft Excel akan sangat membantu untuk melakukan analisis korelasi, terutama untuk menghitung koefisien korelasinya. Microsoft Excel juga memiliki beberapa cara yang biasa digunakan untuk menghitung koefisien korelasi. Caranya adalah dengan menggunakan Fungsi PEARSON dan DATA ANALYSIS.



Leave a Comment