Cara Cek Relay Menggunakan Multimeter


Cara Cek Relay – Pada pembahasan sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang pengertian relay beserta fungsi-fungsinya. Untuk melengkapi pembahasan tersebut kami disini akan mengulas tentang bagaimana cara mengukur atau mengecek relay menggunakan Multimeter.

Cara Mengukur Relay Menggunakan Multimeter



 

Pada intinya, relay merupakan komponen elektromechanical yang didalamnya terdiri dari sebuah coil atau lilitan, seperangkat kontak dalam bentuk saklar atau switch serta kaki-kaki terminal penghubung. Atau bisa dikatakan bahwa relay merupakan sebuah saklar yang dapat dioperasikan secara elektronik.

Perlu diingat kembali bahwa ada 2 kondisi pada relay, yang pertama adalah kondisi Normally Open (NO) dan yang kedua adalah Normally Close (NC). Untuk kontak yang tetap berada pada posisi Terbuka (Open) ketika saklar masih belum diaktifkan disebut dengan Normally Open (NO).

Demikian sebaliknya, jika kontak tetap berada pada posisi Tertutup (Close) ketika saklar belum diaktifkan maka disebut dengan Normally Close (NC).

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Apa Itu Relay

Cara Mengukur Relay Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Relay Menggunakan Multimeter



Untuk mengukur ataupun mengecek apakah relay yang ingin diuji apakah dalam kondisi baik atau tidak, maka kita bisa menggunakan Multimeter Analog ataupun Multimeter Digital. Adapun kondisi yang akan diukur nantinya adalah Nilai Resistansi Coil Relay. Selain itu, kita juga akan mengukur kondisi kontak poin (contact point) ketika diaktifkan ataupun saat dinonaktifkan.

Agar mendapatkan hasil yang lebih akurat, kita membutuhkan power supply yang akan digunakan untuk mengaktifkan relay yang bersangkutan (seperti baterai 9V). Baiklah mari langsung saja kita simak cara mengukur relay menggunakan multimeter digital berikut ini:

Pengukuran Ketika Relay Sedang Tidak Aktif :

  1. Pertama, silahkan setting posisi saklar multimeter pada posisi Ohm (Ω).
  2. Kemudian sambungkan salah satu probe multimeter pada terminal “COM” serta Probe yang lain pada terminal Normally Close (NC), pastikan nilai yang tertera pada Display Multimeter adalah “0” ohm. Kondisi seperti ini menandakan bahwa terminal “COM” dengan terminal NC sudah tersambung dengan baik (short).
  3. Setelah itu, pindahkan probe multimeter yang ada di terminal Normally Close (NC) ke terminal Normally Open (NC), pastikan untuk nilai yang ada pada Display Multimer adalah “Tak Terhingga”. Kondisi ini menunjukkan bahwa antara terminal “COM” dengan terminal Normally Open (NO) tidak memiliki hubungan sama sekali atau berada dalam kondisi yang baik.
    Pengukuran pada Kondisi Relay tidak diaktifkan
  4. Terakhir, sambungkan probe multimeter ke terminal Coil (2 point). Hal ini bertujuan untuk mengukur nilai Resistansi Coil apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pembuat relay itu sendiri (spesifikasi Manufakturer).

Pengukuran pada Kondisi Relay tidak diaktifkan

Pengukuran Ketika Relay Sedang Aktif :

  1. Silahkan aktifkan relay dengan cara menyambungkan arus listrik yang sesuai dengan tegangan relay-nya. Salah satu cara untuk dapat mengaktifkannya adalah dengan menggunakan baterai 9V.
  2. Ketika relay tersebut sudah aktif setelah dialiri arus listrik maka akan terdengar suara “Klik”. Suara “Klik” disini menandakan bahwa kontak poin sudah berpindah posisinya, dari posisi NC ke posisi NO.
  3. Pastikan bahwa posisi saklar multimeter selalu berada pada posisi ohm (Ω)
  4. Selanjutnya sambungkan salah satu probe multimeter pada terminal “COM” dan probe yang lainnya pada Normally Close (NC), pastikan untuk nilai yang ditampilkan pada Display adalah “Tak terhingga”. Kondisi ini menunjukkan bahwa antara terminal “COM” dengan terminal NC tidak memiliki hubungan sama sekali ketika relay diaktifkan ataupun dalam kondisi baik.
  5. Pindahkan probe multimeter yang ada pada terminal NC ke NO, pastikan untuk nilai yang ditunjukkan pada Display Multimeter adalah “0” ohm. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa terminal “COM” dengan terminal NO telah terhubung dengan baik ketika relay diaktifkan.

Pengukuran pada Kondisi Relay diaktifkan



Leave a Comment