Cara Memperbaiki Aki Kering, Ini Langkah yang Perlu Dilakukan

Tidak selamanya motor dalam kondisi prima. Terkadang ada masalah yang muncul dikarenakan oleh suatu sebab. Permasalahan pada sepeda motor bisa bermacam-macam. Seperti munculnya asap putih pada knalpot, suara kasar di sektor mesin, nyala lampu yang tidak terlalu terang hingga motor mogok dan susah untuk dihidupkan.

Masing-masing permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh beragam penyebab. Mulai dari komponen yang bermasalah, oli yang sudah tidak layak pakai, aki tekor atau komponen mesin yang mengalami kerusakan. Untuk memperbaikinya yang paling mudah tinggal membawanya ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya.

Begitu juga jika Anda mengetahui bahwa aki motor Anda bermasalah. Akan tetapi jika sedang berhemat, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki aki motor sendiri di rumah. Sebelum memperbaiki, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Aki motor dibagi menjadi dua macam, yakni aki kering dan aki basah.

Untuk motor keluaran lama biasanya masih menggunakan aki basah. Beda dengan motor keluaran baru yang sudah memakai aki kering atau aki MF. Aki kering motor banyak dipakai lantaran dinilai lebih minim perawatan. Tidak seperti aki basah yang mengharuskan pemilik mengisi air aki secara berkala ketika ketinggiannya sudah di bawah batas.

Akan tetapi aki kering motor juga bisa mengalami masalah, seperti aki tekor atau bahkan aki mati. Sebelum memperbaiki aki kering, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu. Beberapa peralatan yang diperlukan adalah cairan aki, mata obeng minus untuk membuka tutup aki, sped atau suntikan, sealant atau lem plastik (juga bisa memakai lem tembak) dan kain kering.

Cara memperbaiki aki kering juga terdiri dari beberapa tahap. Mulai dari membongkar aki, mengisi air aki, mengisi daya listrik aki hingga melakukan jumper pada aki kering. Tidak perlu bingung, berikut Anda bisa melihat cara memperbaiki aki kering.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Peralatan yang harus disiapkan:

  1. Obeng minus.
  2. Obeng plus.
  3. Pisau. Bisa memakai pisau dapur ataupun gergaji besi.
  4. Air aki. Anda bisa membelinya di bengkel ataupun toko otomotif.
  5. Isolasi atau selotip dengan ukuran besar.

Tahap-tahap memperbaiki aki kering:

  1. Pertama-tama, lepas aki dari tempatnya.
  2. Buka bagian penutup aki memakai pisau atau gergaji yang sudah disiapkan sebelumnya. Perlu dicatat, lakukan proses ini dengan hati-hati supaya pisau dan gergaji tidak melukai tangan Anda.
  3. Tahap berikutnya, perhatikan pada bagian atas aki yang terdapat tulisan “Do Not Open”. Gergaji bagian tersebut dengan hati-hati. Lakukan hal yang sama di bagian samping, belakang dari juga penutup aki.
  4. Setelah tahap ketiga selesai, lepas bagian penutup pada wadah aki. Jika sudah terbuka, Anda akan menjumpai enam lubang. Isi lubang tersebut dengan air aki (accu zuur) yang telah Anda beli di toko otomotif sebanyak 15 mililiter saja.
  5. Hindari kontak langsung cairan accu dengan kulit. Sebab hal ini bisa menyebabkan iritasi. Jika terlanjur kena, segera gosok dengan sabun agar iritasi bisa diminimalisir.
  6. Cara berikutnya, setelah lubang terisi semua tutup lubang tersebut dengan menggunakan penutup aki. Agar merekat kuat, Anda bisa menggunakan selotip.
  7. Jika semua tahap sudah dilakukan namun aki kering masih bermasalah, ada baiknya Anda membongkar aki sekali lagi dan mengamati ada atau tidak kerusakan sel-sel pada aki.

Itulah cara memperbaiki aki kering yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Setelah mengetahui cara memperbaiki, jangan lupa untuk memahami apa saja yang membuat aki kering tekor. Ada beberapa penyebab aki motor tekor atau rusak. Seperti pemasangan komponen elektronik yang berlebihan atau modifikasi yang terlalu ekstrem. Contohnya memasang aksesoris lampu dengan daya yang besar, memasang port USB charger yang tidak sesuai standar dan lain sebagainya.

Hal ini perlu dipertimbangkan bila Anda ingin melakukan modifikasi pada komponen kelistrikan. Jangan lakukan ubahan berlebihan yang justru membuat aki motor cepat tekor.

Leave a Comment