Cara Memasang Kabel Antena TV Ke Boster


Cara Memasang Kabel Antena TV Ke Boster – Pada sebuah televisi pasti terdapat sinyal, sinyal itu berupa data – data informasi yang dipancarkan dan akan ditampilkan pada sebuah televisi.



Sinyal tersebut merupakan bagian yang sangat penting pada dunia pertelevisial, hal itu disebabkan karena yang menghubungkan antar gambar itu adalah sinya. Akan tetapi terdapat masalah yang akan dialami oleh user yaitu sinyal televisi yang kurang kuat, sinyal lemah, TV bersemut, tidak jernih dan lain sebagaianya.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Jenis Antena

Hal itu merupakan maslaah – masalah yang timbul pada saat penggunaan televisi dalam sehari – hari. Apalagi jika user tersebut memiliki lokasi rumah yang jauh dari pemancar satelit TV. Karena terdapat beberapa masalah – masalah yang muncul dapat mengganggu kenyamanan saat menonton televisi maka sangat disarankan untuk menggunakan penguat sinyal.

Pada umumnya penguat sinya disebut dengan booster sebagai ala penguat sinyal antena tv indoor. Sebenarnya booster dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu booster untuk outdoor dan booster untuk indoor. Alat ini dapat memperkuat sinyal yang didapatkan oleh antena. Penggunaan alat ini dapat membuat gambar yang muncul pada layar televisi menjadi lebih jernih dan suara menjadi semakin jelas.

Terdapat beberapa keuntungan apabila menggunakan booster TV indoor selain mudah dalam melakukan instalasinya serta lebih aman dibandingkan dengan booster outdoor karena booster ini ditaruh didalam rumah sehingga booster jenis ini udah sekali terkena perit yang dapat mengakinatkan konsleting listrik.

Baca juga: Frekuensi ANTV Terbaru Telkom 4

Baca juga: Frekuensi Indosiar MPEG2 Terbaru Telkom 4

Persiapan Pemasangan Kabel Antena TV ke Booster

Sebelum kita melakukan pemasangan kabel antena TV ke booster, terlebih dahulu kita melakukan persiapan sebelum pemasanganya yaitu seperti beberapa poin dibawah ini:



  • Kabel Antena TV yang Bagus.

    Agar dapat menghasilkan gambar yang bagus atau jernih pada semua saluran TV tersebut, maka kabel antena ini menjadi memiliki peran penting. Hal itu dikarenakan kebel ini memiliki fungsi sebagai penyalur sinyal dari antena TV. Semua kabel antena TV ini dapat dijumpai dijual di toko elektronik dan biasanya sudah lulus uji kualitas, sehingga memiliki kualitas yang terbilang baik atau bagus dan diataea merk kabel antena TV adalah kabel coaxial

  • Booster yang Bagus.

    Sebelumnya dibahas mengenai kabel yang baik, selain dari kabel anda juga harus memperhatikan kualitas dari booster (harus bagus) yang akan digunakan agar dapat membantu antena TV untuk mendapatkan sinyal yang bagus meskipn lokasi TV jauh dari jangkauan sinyal TV

  • Skema Hubungan Antena TV ke Booster.

    Sebelum anda melakukan pemasangan diharapkan anda mengerti dan mengetahui terlebih dahulu skema dari hubungan antara antena TV dengan booster dan juga port antena TV yang dapat dijelaskan dari gambar dibawah ini:

Baca juga: Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk

Cara Pemasangan Kabel Antena TV ke Booster

Setelah kita melakukan persiapan – persiapan yang dibutuhkan seperti penjelasan sebelumnya kita dapat melakukan pemasangan kabel antena TV ke booster. Hal tersebut dapat dilakukan sendoro tanpa perlu memanggil teknisi untuk memasangnya. Berikut adalah langkah – langkah dalam pemasangannya yaitu:

1) Pertama, Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berupa booster antena, kabel, dan untuk bantuan, silakan siapkan juga buku panduan singkat produk booster yang Anda miliki.

2) Selanjutnya, Anda perhatikan port booster, ada dua jalur yang mesti dipasang. Sebaiknya, periksa terlebih dahulu apakah kabel tersedia sesuai ukuran yang telah disediakan.

3) Kemudian, pasang jalur kabel yang mengarahkan antena pada port TV. Lalu, pasang jalur kabel dari antena TV ke booster.

4) Setelah itu, perhatikan jalur antena TV ke booster yang terdiri dari tiga tambahan jalur. Yaitu pada bagian bawah, antena VHF dan antena UHF. Pasang sesuai dengan tempat yang sudah tersedia di booster milik Anda.



5) Cara memasang kabel antena TV ke booster sudah selesai. Pastikan Anda sudah memasangnya sesuai dengan prosedur di atas.

Baca juga: Jenis Jenis Konektor Dan Fungsinya

Memperjelas Kualitas Gambar TV

Selain menggunakan antena dan booster untuk mendapatkan gambar yang jernih atau bagus, terdapat juga beberapa tambahan – tambahan hal yang membantu untuk memperjelas kualias gambar pada TV, berikut adalah beberapa hal tersebut yaitu:

  • Menggunakan Antena yang Tepat. Penggunaan antena juga terdapat dua jenis yaitu outdoor dan indoor. Apabila penggunaan outdoor pilihlah yang memiliki deretan panjag dan padat. Karena semakin banyak deretan maka semakin besar juga daya tangkap sinyal.
  • Memakai Kabel Koaksial. Kabel ini memiliki fungsi untuk menghubungkan transmisi elektronik. Kabel yang baik untuk antena TV adalah yang memiliki nilai 75 Ohm karena kawat koncuktor yang lebih besar memuliki serabut yang lebih tebal.
  • Menambahkan Antena Rotator. Apabila menggunakan antena yang dipasang outdoor, disarankan untuk memilih yang sudah dilengkapi oleh rotor karena rotor dapat membuat kualitas gambar menjadi bagus. Rotor tersebut akan membantu antena agar dapat bergerak sesuai arah dimana sinyal terkuat diperoleh.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Transduser

Demikian artikel kali ini yang membagas tentang manfaat dari pemasangan booster dan juga hal – hal yang perlu disiapkan dalam pemasangan serta cara pemasangan kabel antena ke booster. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengetahui bagaimana cara memasangkan kabel antena TV ke booster tersebut.



Leave a Comment