Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk


Baca juga: Pembagian Alokasi Frekuensi Radio Di Indonesia

Tips Memilih Booster yang Bagus

Dalam pembelian booster tersebut lebih baik apabila kita memiliki pengetahuan mengenai kualita dari booster yang akan dibeli. Apabila ingin membeli booster maka perhatikanlah angka – angka yang terdapat pada cover booster. Angka – angka tersebut dapat menjelaskan nilai penguat yang akan dihasilkan oleh perangkat booster tersebut.



Apabila angka – angka tersebut semakin tinggi maka akan semakin besar pula daya penguat sinyal pada booster tersebut. Dan jika booster telah terpasang maka terdapat perbedaan pada kualitas gambar dan suara yang ditampilkan televisi. Booster dinyatakan berfngsi dengan baik dilihat dari kualitas gambar yang ditampilkan oleh televisi lebih bagus.

Akan tetapi detelah dilakukan pemasangan booster kualitas gambar dan suara tidak berubah dan menjadi jelek, hal tersebut dapat terjadi karena terdapat kesalahan saat melakukan pemasangan booster atau juga dapat dikarenakan sinyal yang dikuatkan oleh booster terlalu besar. Untuk cara mengatasi masalah ini adalah dengan memutar kekiri dan kekanan trimpot yang terletak dalam cover booster.

Baca juga: Cara Memasang Kabel Antena TV Ke Boster

Manfaat Memakai Boster

Berikut adalah manfaat dari penggunaan booster pada antena televisi yaitu:

  • Lebih mudah dalam melakukan instalasi dan lebih aman. Booster ini dapat diletakkan didalam rumah (indoor) dan tetap mendapatkan sinyal dengan baik. Apabila booster diletakkan diluar rumah akan rawan terkena petir, jika booster tersebut terkena petir saat sedang bersamaan menonton TV, maka TV tersebut akan mudah tersambar petir juga.
  • Kualitas gambar menjadi lebih baik. Karena alat ini memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal dari antena TV maka sinyal input akan dikuatkan dan diteruskan ke televisi. Karena hal tersebut gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih dengan variasi TV yang lebih beragam. Karena booster diletakkan didalam rumah dapat membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan dan juga menjadikannya awet karena booster tersebut tidak terkena panas maupun hujan.

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Boster

Pemasangan alat ini yang akan dihubungkan ke antena tidaklah begitu sulit, anda dapat melakukannya sendiri dirumah tanpa bantuan teknisi yang ahli. Akan tetapi jika khawatir terjadinya kesalahan dalam pemasangan maka disarankan untuk memanggil tukang yang ahli untuk menyelesaikannya.

Berikut ini adalah diagram pemsangan booster ke antena TV: