Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk


Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk – Penggunaan booster ini sering ditemui pada antena TV dimana booster ini merupakan alat yang berfungsi sebagai penguat penerimaan sinya oleh televisi.



Pada saat ini masih banyak televisi yang menggunakan antena UHF, oleh karena hal itu booster masing sering dicari dan diergunakan di kalangan masyarakat untuk mendapat saluran atau cannel dari stasiun televisi.

Booster dapat digunakan untuk mendapatkan salurang yang beragam dan juga gambar yang lebih jelas. Booster umumnya digunakan di tempat yang jauh dari stasiun pemancar. Jika diindonesi terdapat pada daerah pelosok yang sinyal salurna televisi susah untuk diraih atau didapatkan karena berbagai sebab seperti contohnya terhalang pegunungan, dll.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Jenis Antena

Baca juga: Pembagian Alokasi Frekuensi Radio Di Indonesia

Tips Memilih Booster yang Bagus

Dalam pembelian booster tersebut lebih baik apabila kita memiliki pengetahuan mengenai kualita dari booster yang akan dibeli. Apabila ingin membeli booster maka perhatikanlah angka – angka yang terdapat pada cover booster. Angka – angka tersebut dapat menjelaskan nilai penguat yang akan dihasilkan oleh perangkat booster tersebut.

Apabila angka – angka tersebut semakin tinggi maka akan semakin besar pula daya penguat sinyal pada booster tersebut. Dan jika booster telah terpasang maka terdapat perbedaan pada kualitas gambar dan suara yang ditampilkan televisi. Booster dinyatakan berfngsi dengan baik dilihat dari kualitas gambar yang ditampilkan oleh televisi lebih bagus.

Akan tetapi detelah dilakukan pemasangan booster kualitas gambar dan suara tidak berubah dan menjadi jelek, hal tersebut dapat terjadi karena terdapat kesalahan saat melakukan pemasangan booster atau juga dapat dikarenakan sinyal yang dikuatkan oleh booster terlalu besar. Untuk cara mengatasi masalah ini adalah dengan memutar kekiri dan kekanan trimpot yang terletak dalam cover booster.



Baca juga: Cara Memasang Kabel Antena TV Ke Boster

Manfaat Memakai Boster

Berikut adalah manfaat dari penggunaan booster pada antena televisi yaitu:

  • Lebih mudah dalam melakukan instalasi dan lebih aman. Booster ini dapat diletakkan didalam rumah (indoor) dan tetap mendapatkan sinyal dengan baik. Apabila booster diletakkan diluar rumah akan rawan terkena petir, jika booster tersebut terkena petir saat sedang bersamaan menonton TV, maka TV tersebut akan mudah tersambar petir juga.
  • Kualitas gambar menjadi lebih baik. Karena alat ini memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal dari antena TV maka sinyal input akan dikuatkan dan diteruskan ke televisi. Karena hal tersebut gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih dengan variasi TV yang lebih beragam. Karena booster diletakkan didalam rumah dapat membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan dan juga menjadikannya awet karena booster tersebut tidak terkena panas maupun hujan.

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Boster

Pemasangan alat ini yang akan dihubungkan ke antena tidaklah begitu sulit, anda dapat melakukannya sendiri dirumah tanpa bantuan teknisi yang ahli. Akan tetapi jika khawatir terjadinya kesalahan dalam pemasangan maka disarankan untuk memanggil tukang yang ahli untuk menyelesaikannya.

Berikut ini adalah diagram pemsangan booster ke antena TV:

1) Persiapkan bahan yang diperlukan, yakni booster antena TV yang bagus, kabel yang sesuai dan dalam kondisi baik, serta panduan singkat pemasangan dari produk booster yang hendak Anda gunakan.

2) Perhatikan port booster, terdapat dua jalur yang harus Anda pasangkan, periksa apakah kabel tersebut tersedia dan sesuai dengan ukuran yang disediakan.



3) Pasangkan jalur kabel pertama yang mengarahkan antena ke port TV, lanjutkan dengan memasangkan jalur kabel antena TV menuju booster.

4) Terdapat tiga tambahan jalur dari antena TV menuju booster, yakni bagian bawah, bagian antena UHF dan antena VHF. Pasangkan sesuai tempat yang tersedia pada bagian produk booster.

5) Penyambungan port booster telah selesai jika semua kabel telah terpasang dengan sempurna. Periksa sekali lagi apakah ada salah pemasangan kabel sebelum digunakan, sehingga tidak ada kerusakan yang mungkin akan terjadi selanjutnya ketika sudah dipakai.

Baca juga: Jumlah Lilitan Trafo Step Up Dan Step Down

Booster Antena Terbaik

Penjelasan diatas telah dijelaskan untuk bagaimana pemasangan booster ke antena TV, lalu sebaiknya apabila juga mengetahui beberapa brand booster untuk antena TV yang memiliki kualitas yang baik. Apabila booster memiliki kualitas yang baik maka hasil yang ditampilkan pada televisi memiliki kualitas gambar yang lebih baik juga. Berikut adalah beberapa rekomendasi antena tv indoor booster maupun jenis outdoor yaitu:

Skybox Set Top Box DVB T2

Untuk booster degan brand skybox selain membuat gambar dan suara menjadi lebih jernih, anda juga dapat melakukan perekaman serial favorit dengan menggunakan flashdisk. Fitu tersebut merupakan salah satu fitur yang tidak ditemukan pada booster lainnya. Booster ini support dengan input anten UHF dan harga dari booster ini sekitar 300 sampai 400 ribu rupiah.



Falcom FDA S400

Selanjutnya adalah booster dari brand falcom yang terbuat dari bahan metal agar lebih aman dari interferensi gangguan sinyal pada televisi anda. Dengan menggunakan bahan metal ini, maka badan (body) dari booster tersebut tidak mudah rusak meskipun diletakkan diluar ruangan dengan cuaca yang ekstrim. Harga dari booster ini sekitar satu juta rupiah.

Booster PF DX W9900

Apabila membutuhkan booster dengan harga yang ekonomis, maka anda dapat menggunakan bosster dari brand ini karena harganya hanya berkisar 100 ribu rupiah saja dengan penguat sinyal yang cukup memadai.



Leave a Comment