Cara Kerja Lampu TL Dan Rangkaiannya


Lampu TL LED tipe ini bisa dipasang dengan mudah pada fitting lampu konvensional. Pengguna hanya perlu mencabut blass lampu konvensional dan kemudian mengantinya dengan lampu ini. Lampu LED ini juga memiliki kelebihan yang mampu menghemat energi listrik.

  1. Lampu Neon TL LED T8 dan Spesifikasi Lengkap

Lampu Nenon TL LED T8 mempunyai panjang yang mencapai 120cm dengan tegangan AC sebesar 220 V. Jenis lampu ini memiliki keunggulan yang mampu tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Hal ini karena tipe lampu LED ini mempunyai suhu yang jauh lebih rendah di setiap mata LED nya. Sehingga membuat daya tahan serta umur pemakaian lampu ini jauh lebih awet dan mampu tahan lama.



  1. Lampu Neon TL LED T8 HD 144 LED dan Spesifikasi Lengkap

Lampu TL LED ini mempunyai spesifikasi panjang mencapai 120 cm dengan tegangan AC sebesar 220 V. Lampu LED ini memiliki Chip LED SMD 2835 dan jumlah LED 144 LEDs sehingga sudah pasti lebih menghemat energi listrik dan rendah daya.

Tipe lampu ini mempunyai jumlah chip LED yang cukup banyak sehingga membuat suhu setiap mata. Bahkan juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan lebih awet. Untuk masalah penggunaan, lampu LED ini biasa digunakan sebagai penerang indoor seperti ruang pertemuan, ware house, perkantoran, universitas, sekolah, dan lainnya.

Rangkaian Lampu TL LED (Light Emitting Diode)

Lampu TL LED merupakan sebuah lampu penerang yang memiliki bentuk tabung (tube), dimana lampu ini menggunakan teknologi LED atau Light Emitting Diode untuk memancarkan sinar cahaya. Di dalam sebuah lampu LED pada umumnya terdiri dari puluhan hingga ratusan LED. Jenis lampu ini memiliki banyak sekali kelebihan seperti yang sudah kami bahas sebelumnya sehingga penggunaan lampu penerang dengan teknologi LED semakin mengalami peningkatan.

Namun kelebihan paling menonjol yang dimiliki oleh lampu TL LED adalah mampu menghemat listrik hingga sebesar 60% dari penggunaan lampu TL Neon atau TL Fluorescent. Hal ini karena lampu TL LED tidak membutuhkan Starter dan Ballast yang pada kenyatannya mengkonsumsi listrik dalam jumlah yang sangat banyak (terlebih pada Ballast jenis Inductive).

Berikut ini adalah rangkaian pemasangan dan instalasi lampu TL LED (LED Tube):

Baca juga: Cara Merangkai Lampu LED

Cara Mengkonversi (Mengubah) Rangkaian TL Fluorescent ke TL LED

Mengkonversi (mengubah) rangkaian TL Fluorescent ke TL LED bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini kita hanya perlu melepaskan starter dan ballast yang kemudian langsung membuatkan suatu sambungan yang baru antara terminal lampu TL LED dengan arus listrik input seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Berikut ini adalah contoh gambar rangkaian cara mengubah rangkaian TL Fluorescent ke TL LED (LED Tube):

Rangkaian TL Fluorescent ke TL LED



Leave a Comment