Cara Kerja Lampu TL Dan Rangkaiannya


Impedansi dari tabung akan turun dari dari ratusan megaohm menjadi ratusan ohm saja pada saat kondisi ‘steady state’. Arus yang ditarik oleh lampu TL tergantung dari impedansi trafo ballast seri dengan impedansi tabung lampu TL.

Selain itu karena tidak ada sinkronisasi dengan tegangan input maka ada kemungkinan pada saat starter berubah kondisi dari ‘closed’ ke ‘open’ terjadi pada saat tegangan AC turun mendekati nol sehingga tegangan yang dihasilkan oleh ballast tidak cukup untuk menyebabkan lompatan elektron pada tabung lampu TL.



Rangkaian Lampu TL Fluorescent

Lampu  TL Fluorescent membutuhkan suatu starter dan ballast supaya bisa hidup atau ON.  Strater pada lampu TL Fluorescent memiliki fungsi sebagai saklar otomatis yang bisa membantu memanaskan elektroda dalam proses pemindahan berbagai elektron di dalam tabung Fluorescent.

Penting untuk diketahui bahwa dalam memanaskan elektroda supaya gas yang ada di dalam tabung lampu (TL) bisa berpendar maka dibutuhkan tegangan yang sangat tinggi yaitu sebesar 400 Volt.  Ketika proses penyalaan sudah selesai, Bi-metal yang ada di dalam starter akan terbuka (open). Dengan begitu maka strater  bisa langsung dilepaskan dari rangkaian lampu TL Fluorescent karena memang pemakaian starter hanya waktu penyalaannya saja.

Sementara itu, Ballast yang ada di dalam rangkaian lampu TL Neon atau TL Fluorescent memiliki fungsi untuk membatasi besarnya arus dan dapat menstabilkan arus supaya bisa mengoperasikan lampu TL Fluorescent pada karakter listrik yang tepat. Ballast sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu Ballast jenis induktor atau kumparan  (Inductive Ballast) dan Ballast jenis Elektronik (Electronic Ballast).

Berikut ini adalah rangkaian pemasangan atau instalasi lampu TL Fluorescent:

 

Jenis-Jenis Lampu TL LED

Sebelum membahas rangkaiannya, kami disini akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai jenis-jenis lampu TL  LED. Berikut ini adalah jenis-jenis lampu TL LED dan spesifikasi lengkapnya:

JENIS LAMPU LED

  1. Neon TL LED T8 dan Spesifikasinya

Spesifikasi lampu TL LED memang menarik, lampu ini memiliki panjang yang mencapai 60 cm dengan tegangan sebesar AC 220. Adapun jenis cover yang melapisi bagian luar lampu adalah plastik yang memiliki warna putih susu dan transparan. Sedangkan untuk masalah nyala lampu terdiri dari dua pilihan, yaitu white dan warm white.

Jenis lampu TL LED yang satu ini lebih menghemat listrik dibandingkan dengan jenis lainnya. Bahkan lampu TL LED T8 ini umumnya hanya menggunakan setengah dari kapasitas watt lampu neon konvensional. Disamping itu, untuk masalah pemakaian bisa dibilang sangat awet kurang lebih sekitar 40.000 jam pemakaian. Saat dinyalakan, lampu TL LED ini tidak akan berdengung dan sangat responsif.

  1. Neon TL LED T8 60 CM (Tabung Poly Acrylic) dan Spesifikasi Lengkap

Jenis lampu TL LED yang selanjutnya adalah tipe Neon TL LED T8. Jenis lampu LED ini mempunyai panjang yang mencapai 60 cm dengan tegangan AC sebesar 220 V. Jumlah LED yang dimiliki oleh lampu ini adalah sekitar 48 LEDs dan Chips LED SMD 2835.



Leave a Comment