Cara Kerja Bel Listrik Sederhana


Rangkaian Bel Listrik SederhanaElectric Bell atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan bel listrik merupakan sebuah alat yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi listrik menjadi energi suara dengan menerapkan prinsip elektromagnetik.

Saat ini memang sudah banyak sekali bel  yang menggunakan sistem elektronik. Namun meskipun demikian, bel listrik yang menggunakan prinsip gaya elektromagnetik juga masih digunakan.



Cara Kerja Bel Listrik

Penggunaan sebuah bel listrik jenis elektromagnetik banyak dijumpai dengan mudah pada sistem keamanan dan kesalamatan yang ada di pabrik, hotel, dan pusat perbelanjaan. Bel ini biasanya digunakan sebagai alarm kebakaran atau fire alarm. Tidak hanya itu saja, bel listrik juga banyak digunakan sebagai alarm maling dan lonceng di sekolah.

Contoh bel listrik dengan prinsip elektromagnetik yang masih banyak digunakan sampai sekarang ini adalah bel listrik dalam bentuk “interrupter bell”, yakni jenis bel listrik yang mampu mengeluarkan suara secara terus menerus saat mendapat arus listrik.



Leave a Comment