Cara Mengukur Mosfet Dengan Multimeter


Jadi apabila gate diberikan tegangan maka tegangan tersebut dapat merubah lebar dari saluran atau channel yang berupa aliran pembawa muatan elektron. Jika lebar dari saluran ini semakin lebar maka kondukvitas dari saluran drain dan saluran source akan semakin baik.



Baca juga: Pengertian, Jenis Dan Fungsi Inverter

Tipe Chanel MOSFET

Pada komponen ini terdapat dua jenis yaitu channel N dan channel P. berikut penjelsan dari masing – masing channel tersebut.

N – Channel MOSFET

Pada komponen ini memiliki N – channel yang biasa disebut dengan NMOS. Channel ini terdiri dari subtract dari tipe channel lainnya yaitu tipe P dan dengan daerah salura source dan saluran drain diberikan difusi N+. Terdapat suatu celah sempit antar daerah saluran source dengan daerah saluran drain yang diperoleh dari subtract P. oleh karena itu channel ini dapat disebut dengan channel yang ditutupi oleh isolator yang terbuat dari bahan Si02

P – Channel MOSFET

Daerah antara saluran source dengan saluran drain dimiliki oleh P – channel. Pada channel ini memiliki empat terminal yaitu Gate (G), Drain (D), Source (S), dan terakhir adalah Body (B). channel ini memiliki struktur PMOS yang terdiri atas tipe – n dan pada daerah source dan drainnya diberi difusi P+.



Baca juga: Pengertian Dan Fungsi PWM

Simbol MOSFET

Berikut adalah kedua simbol MOSFE yang dibedakan dari jenis dan tipe channelnya:

Baca juga: Jenis Jenis IC, Fungsi Dan Simbolnya Lengkap

Jenis – Jenis MOSFET

MOSFET memiliki dua jenis. kedua jenis tersebut memiliki dua channel pada masing – masing jenisnya. Channel yang dimaksud adalah channel N dan channel P. Berikut adalah tabel cabang dari channeel pada kedua jenisnya:

Depletion Mode

Pada jenis ini menjelaskan bahwa transistor memerlukan tegangan pada gate – source, tegangan ini nantinya dapat digunakan untuk peralihan perangkan dari kondisi “OFF”. Untuk jenis ini dapat disamakan seperti saklar “Normally Closed



Jadi apabila terdapat tegangan pada gate maka konduksi dari channe ada pada kondisi maksimum. Apabila dikarenakan tegangan yang ada pada gerbang tersebut positif atau negatif konduksi pada channel menurun.

Disini untuk channel – N sumber tegangan negatif yang terdappat pada gerbang akan mengkosongkan saluran konduktif dan elekron bebas yang bertugas untuk memindahkan transistor mengalami kondisi off. Jadi dapat disimpulkan untuk channel – N + VGS lebih memiliki banyak elektron dan arus, sedangkan untuk -VGS lebih sedikit jumlah elektron dan arusnya.

Untuk channel – P pada jenis ini berlaku kebalikan dari channel – N. jenis ini memiliki jalur konduksi yang resistansinya rendah antara saluran drain dan saluran resource nya dengan bias gate nol.



Leave a Comment