Cara Cek Kapasitor Dengan Mudah


Mengecek Kapasitor Dengan Mudah – Pada pembahasan sebelumnya sudah kami jelaskan bahwa pengertian kapasitor adalah komponen elektronika yang bisa digunakan untuk menyimpan muatan listrik dalam sementara waktu. Untuk bisa mengukur nilai dari suatu komponen kapasitor atau kondensator maka dibutuhkan alat ukur yang dinamakan dengan kapasitansi meter (capacitance meter).

Menguji Kapasitor dengan Menggunakan AVO Meter



Capacitance meter merupakan sebuah alat ukur yang hanya digunakan khusus untuk mengukur nilai kapasitansi suatu kapasitor. Selain kapasitansi meter, ada juga beberapa alat ukur gabungan yang bisa digunakan untuk mengukur berbagai macam komponen elektronika seperti LCR Meter, Multimeter dan lainnya.

LCR meter merupakan sebuah alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur nilai L (induktansi atau inductane, untuk dapat mengukur induktor atau coil), C (kapasitansi atau capacitance, untuk melakukan pengukuran pada kapasitor atau kondensator) dan juga R (Resistansi atau resistance, untuk dapat mengukur hambatan atau resistor).

Sementara itu, multimeter merupakan sebuah alat ukur gabungan yang bisa digunakan untuk mengukur arus, tegangan, dan juga hambatan atau resistansi. Selain itu, multimeter juga bisa digunakan untuk menguji beberapa macam komponen elektronika seperti kapasitor, dioda, resistor, dan transistor.

Cara Cek Kapasitor Dengan Mudah

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis multimeter digital yang memiliki fungsi untuk mengukur nilai kapasitor. Dengan demikian kita tidak perlu lagi untuk membeli alat ukur khusus yang digunakan dalam pengukuran nilai kapasitansi kapasitor. Multimeter yang biasanya digunakan sebagai alat ukur gabungan mempunyai batas tertentu untuk mengukur kapasitansi suatu komponen kapasitor.



Kapasitor dengan kapasitansi yang jauh lebih besar khususnya pada kapasitor Elektrolit (ELCO) tidak semuanya bisa diukur nilainya oleh alat multimeter digital. Seperti misalnya pada salah satu alat Multimer yang memiliki merk SANWA dengan tipe CD800a, batas pengukuran kapasitansi kapasitor kurang lebih hanya 50nF sampai 100µF.

Untuk melakukan pengujian apakah komponen kapasitor masih bisa berfungsi dengan baik ataukah tidak, maka kita juga bisa menggunakan Multimeter Analog dengan skala resistansi (Ohm).

Dengan menggunakan multimeter analog memang tidak bisa mengetahui secara pasti berapakah nilai kapasitansi suatu kapasitor, namun sudah bisa digunakan untuk mengetahui apakah komponen kapasitor tersebut sedang dalam kondisi baik atau rusak (seperti misalnya terjadi kebocoran atau hubungan pendek).

Baca juga: Rangkaian Kapasitor Seri Dan Paralel

Cara Menguji Kapasitor dengan Alat Ukur

Pada umumnya, kapasitor memiliki banyak sekali fungsinya pada suatu rangkaian elektronika. Dan untuk cara mengukur kapasitor ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara menghitung resistor.

Diata sudah kami jelaskan bahwa sekarang sudah ada banyak alat yang bisa digunakan untuk mengukur kapasitor seperti multimeter, LCR Meter dan lainnya.  Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menguji kapasitor dengan menggunakan alat ukur:

  1. Menguji Kapasitor dengan Multimer Analog

multimeter analog





Leave a Comment