Cara Cek Kapasitor Dengan Mudah


Mengecek Kapasitor Dengan Mudah – Pada pembahasan sebelumnya sudah kami jelaskan bahwa pengertian kapasitor adalah komponen elektronika yang bisa digunakan untuk menyimpan muatan listrik dalam sementara waktu. Untuk bisa mengukur nilai dari suatu komponen kapasitor atau kondensator maka dibutuhkan alat ukur yang dinamakan dengan kapasitansi meter (capacitance meter).

Menguji Kapasitor dengan Menggunakan AVO Meter



Capacitance meter merupakan sebuah alat ukur yang hanya digunakan khusus untuk mengukur nilai kapasitansi suatu kapasitor. Selain kapasitansi meter, ada juga beberapa alat ukur gabungan yang bisa digunakan untuk mengukur berbagai macam komponen elektronika seperti LCR Meter, Multimeter dan lainnya.

LCR meter merupakan sebuah alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur nilai L (induktansi atau inductane, untuk dapat mengukur induktor atau coil), C (kapasitansi atau capacitance, untuk melakukan pengukuran pada kapasitor atau kondensator) dan juga R (Resistansi atau resistance, untuk dapat mengukur hambatan atau resistor).

Sementara itu, multimeter merupakan sebuah alat ukur gabungan yang bisa digunakan untuk mengukur arus, tegangan, dan juga hambatan atau resistansi. Selain itu, multimeter juga bisa digunakan untuk menguji beberapa macam komponen elektronika seperti kapasitor, dioda, resistor, dan transistor.

Cara Cek Kapasitor Dengan Mudah

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis multimeter digital yang memiliki fungsi untuk mengukur nilai kapasitor. Dengan demikian kita tidak perlu lagi untuk membeli alat ukur khusus yang digunakan dalam pengukuran nilai kapasitansi kapasitor. Multimeter yang biasanya digunakan sebagai alat ukur gabungan mempunyai batas tertentu untuk mengukur kapasitansi suatu komponen kapasitor.



Leave a Comment