Pengertian Dan Perbedaan Bit Dengan Byte


Pengertian Dan Perbedaan Bit Dengan Byte – Sebagian besar dari Anda mungkin sudah sering mendengar istilah bit dan byte dalam dunia komputer dan digital. Namun meski demikian, ternyata masih banyak yang belum paham mengenai pengertian dan perbedaan antara bit dengan byte.



Sekilas kedua istilah ini memang terdengar sama, tetapi sebenarnya bit dan byte merupakan dua hal yang jauh berbeda. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan bit dan byte? Berikut ini adalah pembahasan lengkapnya.

Baca juga: Fungsi Dan Cara Kerja Wifi

Pengertian Bit

Pengertian bit secara umum adalah satuan unit data paling kecil dalam komputasi digital yang pada umumnya terdiri dari satu digit biner (bisa berupa nilai 0 atau bisa juga 1). Bit merupakan singkatan dari binary digit atau digit biner.

Biner sendiri adalah sistem bilang yang berbasis dua, yang dimana hanya terdiri dari angka 0 dan 1 saja. Angka 0 (nol) menandakan bahwa sedang dalam kondisi  “OFF” tidak ada aliran liastrik dalam sebuah rangkaian elektronik. Sedangkan angka 1 (satu) berarti sedang dalam kondisi “ON” atau adanya aliran listrik dalam rangkaian elektronik.

Kondisi bit tersebut juga bisa digunakan untuk mewakili nilai logika seperti “True” atau “False” dan “Yes” atau “No”. Bit sendiri memiliki lambang berupa huruf b kecil, yaitu “b”. Untuk satuan kecepatan transfer data yang digunakan adalah “bps” yang merupakan singkatan dari bit per second atau bit per detik.



Seperti misalnya, kode bilangan biner 10102  ini memiliki 4 bit dan dapat mewakili nilai 10 dalam sistem bilangan desimal. Jadi cara perhitungan yang bisa dilakukan untuk mengkonversikan bilangan biner ke bilangan desimal adalah sebagai berikut ini:

10102 = (1 x 2) +  (0 x 2) + (1 x 2) +  (0 x 21)
10102 = 8 + 0 + 2 + 0
10102 = 1010

Pengertian Byte

Byte atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai bita merupakan kumpulan dari 8 bit yang telah bergabung menjadi satu. Atau bisa juga diartikan bahwa 1 byte adalah sama dengan 8 bit. Satuan byte biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas sebuah media penyimpanan seperti kilobyte (KB), Megabyte (MB), gigabyte (GB) dan terabyte (TB).

Byte umumnya memiliki lambang atau simbol yang menggunakan huruf B besar, “B”. Simbol inilah yang akhirnya digunakan untuk membedakan antara byte dengan bitdalam penulisan singkatan satuannya. Untuk 1 byte dapat mewakili rentang nilai mulai dari 0 sampai dengan 255 dalam bilangan desimal.

Lalu mengapa byet mampu mewakili rentang 0 sampai 255? Berikut ini adalah perhitungannya:

0000 00002 = 010
1111 11112 = 25510



Penting untuk diketahui bahwa dalam perhitungan kilo, mega, dan giga pada byte dengan bilangan biner 8 bit tidak sama dengan sistem bilangan desimal yang biasa digunakan dalam pada umumnya. Untuk 1 kilobyte atau 1KB pada sistem bilangan biner merupakan 1,024 byte ( 210). Sedangkan 1 megabyte atau 1MB adalah 1.024 kilobyte.

Perbedaan Antara Bit dengan Byte



Leave a Comment