Apa Itu Bilangan BCD (Binary Coded Decimal)


Dengan adanya cara ini maka rangkaian digital yang menggunakan kode BCD dapat menangani 1 kelompok bilangan biner yang memiliki 4 bit bilangan biner.

Jika menggunakan kode BCD, maka hal penting yang harus selalu diingat yaitu bahwa semua angka 0 harus dipertahankan. Hal ini tentu jauh berbeda dengan bilangan biner yang bisa menghilangkan angka 0 di bagian depannya.



Kode BCD (Binary Coded Decimal) ini bisa digunakan jika dibutuhkan transfer informasi desimal masuk dan keluar dari sebuah rangkaian digital ataupun peralatan digital.

Beberapa contoh rangkaian atau peralatan digital yang kami maksud disini adalah jam digital, kalkulator, multimeter digital, dan pencacah frequency atau frequency counter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang BCD atau Binary Coded Decimal mulai dari pengertian dan cara konversinya secara lengkap.

Semoga apa yang telah kami berikan kali ini bisa bermanfaat atau setidaknya bisa menambah wawasan pembaca semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami.



Leave a Comment