Apa Itu Bilangan BCD (Binary Coded Decimal)


Bilangan BCD (Binary Coded Decimal) – Dalam pengoperasi rangkaian digital ataupun berbagai peralatan digital pada umumnya sudah pasti akan menggunakan sistem bilangan biner. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan manusia yang lebih terbiasa menggunakan sistem bilangan desimal.

Perlu diketahui bahwa jumlah digit yang biasa digunakan oleh sistem bilangan biner untuk mewakilkan suatu nilai jauh lebih banyak daripada jumlah digit yang digunakan oleh sistem bilangan desimal. Sebagai manusia, tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk mengingat jumlah digit yang lebih sedikit pada bilangan desimal dibandingkan harus mengingat jumlah digit yang jauh lebih banyak seperti pada bilangan biner.



Tetapi ketika ingin melakukan komunikasi antara rangkaian digital dengan penggunanya (manusia), maka akan dibutuhkan interface (antarmuka) yang bisa dipahami oleh kedua pihak (rangkaian digital dan manusia). Interace atau antarmuka ini biasanya akan menerima data berupa bilangan desimal yang dimana rangkaian digital diharuskan untuk menggunakan beberapa kode biner supaya lebih mudah untuk mewakili bilangan desimal itu sendiri.  Kode yang digunakan dalam hal ini dinamakan dengan Binary Coded Decimal atau yang biasa disingkat dengan BCD.

Lalu apa itu bilangan BCD (Binary Coded Decimal)? Bagaimana cara konversi bilangan BCD? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan ini sampai akhir. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian BCD dan cara konversi bilangan BCD secara lengkap dan jelas.

Baca juga: Cara Konversi Desimal Ke Hexadesimal

Pengertian Bilangan BCD (Binary Coded Decimal)

BCD atau Binary Coded Decimal adalah kode biner yang biasa digunakan untuk mewakili nilai digita desimal, yakni angka 0 sampai angka 9. Bilangan ini umumnya menggunakan kombinasi dari 4 bit, sehingga bisa diperoleh kombinasi sebanyak 16 (24=16). Namun dari sekian banyaknya kombinasi, hanya 10 kombinasi saja yang akan digunakan.



Bilangan desimal di setiap tempat biasanya terdiri dari 10 bilangan yang berbeda-beda. Pada bilangan biner, bentuk dari 10 elemen yang berbeda-beda membutuhkan 4 bit. Sebuah BCD (Binary Coded Decimal) memiliki 4 bit biner untuk setiap tempat bilangan desimal.

Penggunaan kode BCD yang orisinil pada komputer sekarang ini sudah sangat jarang dijumpai. Alasannya tak lain karena tidak bisa mewakili huruf atau simbol-simbol karakter khusus. BCD digunakan untuk komputer pada generasi yang pertama.

Cara Konversi Bilangan BCD (Binary Coded Decimal)

  1. Cara Konversi Bilangan Desimal ke Bilangan BCD

Sebelum membahas cara konversi BCD ke desimal, kami akan menjelaskan terlebih dahuu bagaimana cara konversi desimal ke kode bilangan BCD. Dalam proses konversinya, setiap angka yang dimiliki oleh bilangan desimal akan dikonversikan satu per satu hingga menjadi sebuah kelompok bilangan biner atau bit seperti pada contoh di bawah ini.



Leave a Comment