Pengertian Band Stop Filter (BSF) Dan Cara Kerjanya


Pada rangkaian ini nantinya memiliki dua frekuensi ut – off seperti band pass filter, namun memiliki perbedaan yaitu frekuensi cut – off rendah diperoleh dari low pass filter sedangkan untuk frekuensi cut – off tinggi diperoleh dari high pass filter. Kedua frekuensi cut – off tersebut dapat dilihat dari persamaan dibawah ini:



Dimana:

??? = frekuensi cut-off rendah (Hz)

??? = frekuensi cut-off tinggi (Hz)

Rangkaian Band Stop Filter Orde 2



Pada rangkaian ini memiliki pita transisi sebesar -12dB/oktav atau -40dB/dekade. Rangkaian jenin ini tersusun dari rangkaian high pass dan low pass filter yang keduanya akan dihubungkan secara paralel dan ouput akan ditambah dengan penguat summing. Berikut gambar dari rangkaian band stop filter orde 2:

Sama dengan rangkaian sebelumnya untuk kedua frekuensi cut – off diperoleh dari low pass filter dan high pass filter. Dapat dilihat dari persamaan berikut:

Dimana:

??? = frekuensi cut-off rendah (Hz)



??? = frekuensi cut-off tinggi (Hz)

Baca juga: Rangkaian Power Supply Dan Cara Membuatnya

Band Stop Filter Aktif

Dalam filter ini frekuensi yang melewati filter akan berubah, akan tetapi nilai attenuates masih dalam rentang tertentu yang menuju ke tingkat sangat rendah. Filter ini merupakan kebalikan dari filter band pass. Filter ini juga dibagi menjadi dua yaitu stop band sempit dan stop band lebar, berikut penjelasan pada masing – masing bidang tersebut:

Band Stop Filter Bidang Lebar

Untuk bidang ini filter terdiri dari rangkaian HPF dengan LPF yang akan dimasukkan pada rangkaian penjumlah, sedangkan untuk band stop filter bidang sempit lebih dikenal untuk menolak frekuensi tertentu. Berikut adalah rangaian dan output dara band stop filter bidang lebar:



Respon output dari bidang ini dapat digunakan untuk menentukan nilai dari batas atas (fH) dan juga nilai dari frekuensi batas bawah (fL) dengan menggunakan rumus yang akan digunakan untuk rangkaian gabungan antara LPF dengan HPF serta rangkauan penjumlah yang digunakan untuk menentukan nilai dari komponen atau elemen pasif yang digunakan untuk merancang filter bidang lebar ini.

Dimana

fH = Frekuensi batas atas (frekuensi cut Off rangkaian Low Pass Filter (LPF)

fL = Frekuensi batas bawah (frekuensi cut Off rangkaian High Pass Filter (LPF)

RCLPF = nilai R dan C pada sisi rangkaian Low Pass Filter (LPF)

RCHPF = nilai R dan C pada sisi rangkaian High Pass Filter (HPF)

Band Stop Filter Bidang Sempit

Rangkaian yang digunakan pada filter bidang ini dapa mengggunakan model twin – T sirkuit. Biasanya rangkaian filter ini digunakan pada rangkaian peralatan dibidang medis. Pada rangkaian filter bidang ini memiliki daerah frekuensi yang akan ditahan oleh rangkaian notch filter ini (fN) dengan perumusanya yaitu:



Leave a Comment