Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Pengertian Band Stop Filter (BSF) Dan Cara Kerjanya


RCLPF = nilai R dan C pada sisi rangkaian Low Pass Filter (LPF)

RCHPF = nilai R dan C pada sisi rangkaian High Pass Filter (HPF)



Band Stop Filter Bidang Sempit

Rangkaian yang digunakan pada filter bidang ini dapa mengggunakan model twin – T sirkuit. Biasanya rangkaian filter ini digunakan pada rangkaian peralatan dibidang medis. Pada rangkaian filter bidang ini memiliki daerah frekuensi yang akan ditahan oleh rangkaian notch filter ini (fN) dengan perumusanya yaitu:

Rangkaian filter ini merupakan gabungan antara low pass filter RC dengan high pass filter RC dengan menggunakan konfigurasi twin – T. berikut adalah gambar rangkaian filter bidang sempit yaitu:

Untuk band stop filter aktif memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan band stop filter pasif yaitu:

  • Penguatan dan frekuensinya mudah diatur, selama op-amp masih memberikan penguatan dan sinyal input tidak sekaku seperti pada filter pasif. Pada dasarnya filter aktif lebih gampang diatur.
  • Tidak ada masalah beban, karena tahanan inputtinggi dan tahanan output rendah. Filter aktif tidak membebani sumber input.20
  • Harga, umumnya filter aktif lebih ekonomis dari pada filter pasif, karena pemilihan variasai dari op-amp yang murah dan tanpa induktor yang biasanya harganya mahal.

Baca juga: Pengertian Dan Rangkaian Penyearah Gelombang

Band Stop Filter Pasif

Untuk filter ini memiliki efek kebalikan dari band pass yaitu memiliki dua paralel LC sirkuit yang berada pada jalur sinyal yang nantinya digunakan unuk membentuk impedansi tinggi pada frekuensi sinyal yang tidak diinginkan, dan penggunaan rangkaian seri untuk membentuk impedansi rendah ke tanah di frekuensi yang sama untuk melakukan penonalakan.

Filter ini dapa juga ditemukan pada frekuensi yang berada diantara (IF) amplifire radio tua dengan penerima TV, yang mana menghasilkan kurva respon frekuensi cukup komplek yang diperlukan oleh penerima yang benar dari kedua suara dan gambar sinyal. Adanya penyesuaian frekuensi tertentu dari gabungan band stop dan band pass yang bertransformasi pada sirkuit ini.

Rumus Band Stop Filter

Pada dasarnya penggunaan rumus untuk mencari titik cut – off dari band stop filter sama dengan low pass dan high pass filter. Berikut adalah rumus dari band stop filter:

f = 1/2πRC

Dimana:

f = Frekuensi dalam satuan Hz

π = 3,14

R = Nilai Resistor dalam satuan Ohm (Ω)

C = Nilai Kapasitor dalam satuan Farad (F)

Baca juga: Pengertian, Jenis Dan Fungsi OP-AMP

Contoh Kasus

Akan dilakukan perancangan untuk filter dari sebuah rangkaian elektronik yang akan menggunakan band stop filter yang menggunakan komponen resistr dan kapasitor (RC) agara dapat melewatkan frekuensi dibawah 300Hz dan frekuensi diatas 1kHz. Pada rangkaian ini menggunakan kapasitor yang bernilai 0,1µF. maka berapakah nilai resistor yang akan digunakan pada rangkaian elektronik ini?

Penyelesaian

Untuk perhitungan dari soal ini akan dibagi menjadi dua perhitungan yaitu perhitungan dengan menggunakan tahapan low pass filter dan juga perhitungan dengan tahapan high pass filter

Perhitungan low pass filter

Mencari Nilai Resistor RLyang diperlukan untuk memberikan frekuensi cut off fLyaitu 300Hz dengan menggunakan Kapasitor sebesar 0,1µF adalah dihitung melalui perhitungan dibawah ini :

FL= 1 / 2πRLC
300Hz = 1 / 2 x 3,14 x Rx (0,1 x 10-6)
R= 1 / 2 x 3,14 x 300 x (0,1 x 10-6)
R= 5.308Ω atau sekitar 5,3kΩ