Pengertian Band Stop Filter (BSF) Dan Cara Kerjanya


Pada filter ini dapat memungkinkan frekuensi sinyal memiliki rentang tertentu yaitu diatas dan dibawah cut – off. Jadi filter ini memiliki dua pass band dan dengan satu stop band. Untuk stop band merupakan frekuensi yang akan dilemahkan yang memiliki kisaran antara kedua frekuensi cut – off. Sedangankan untuk kedua pass band tersebut memiliki frekuensi dibawah dan diatas dari frekuensi cut – off yang seperti mencakup dua rangakaian filter yaitu low pass dan high pass filter.

Filter ini memiliki karakteristik utama yaitu dapat memungkinkan frekuensi dari nol sampai dengan frekuensi cut – off dan juga memungkinkan semua frekuensi diatas dari frekuensi cut – off. Band stop filter merupakan kebalikan dari karakteristik dari band pass filter dimana sinyal input yang telah diberikan dapatdilewatkan melalui rangkaian low pass filter, dan frekuensi yang tinggi dapat dilewatkan melalui rangkaian high pass filter. Dapat ditunjukkan dari gambar diagram blok dan gambar karakteristik dari band stop filter ini:



Dari gambar karakteristik diatas terlihat bahwa fL adalah frekuensi cut-off pada Low Pass Filter dan fH adalah frekuensi cut-off pada High Pass Filter. Sedangkan frekuensi tengah (frekuensi center) atau fC=√(fLx fH).

Baca juga: Pengertian Low Pass Filter (Tapis Lolos Bawah)

Respon Frekuensi

Untuk filter ini respon frekuensinya dapat ditunjukkan dari gambar dibawah ini dimana respon frekuensi akan digambarkan dengan menggunakan frekuensi dan gain. dalam filter ini memilik mekanisme switching kapasitor yang digunakan untuk mengubah karakteristik dari output dilter yang lolos tinggin dan lolos rendah dan juga yang serupa dengan filter ideal. Gain yang terdapat pada filter ini harus sama antara gain dari pass band dengan gain dari low pass dan high pass filter.

Gain yang ideal dengan filter ini gain pada band pass harus Amax dan gain stop band harus nol. Tetapi tidak menutup kemungkinan daerah transisi dari bagian filter high pass dan low passnya. Untuk ripple band pass dan band stop dapat diukur dengan menggunakan rumus dibawah ini:



Stop band ripple = – 20 log10(δs) dB

Pass band ripple = -20 log10(1-δp) dB

Dimana

δp: merupakan nilai magnitudo yang lolos pada band pass filter

δs: merupakan nilai magnitudo yang lolos pada band stop filter

Baca juga: Pengertian SNR (Signal to Noise Ratio)

Rangkaian Band Stop Filter

Rangkaian Band Stop Filter Orde 1

Merupakan rangkaian filter dengan pita transisi yang bernilai sebesar -6dB/oktav atau -20dB/dekade. Rangkaian band stop orde 1 terdiri dari rangkaian high pass dan low pass filter yang keduanya dihubungkan atau tersusun secara paralel. Untuk output pada rangkaian ini akan dilakukan penambahan dengan penguat summing.



Leave a Comment