Pengertian Band Pass Filter (BPF) Dan Fungsinya


Gambar 2. Rangkaian Band Pass Filter Orde



Perlu diketahui bahwa sebuah Band Pass Filter memiliki dua frekuensi cut-off yakni frekuensi cutoff rendah (FCL) didapat dari rangkaian High Pass Filter serta frekuensi cut-off tinggi (FCH) yang berasal dari rangkaian Low Pass Filter.

Untuk frekuensi cutoff yang dimiliki oleh Band Pass Filter orde 1 bisa dilihat pada persamaan (4) dan (5).

Keterangan:

???  adalah frekuensi cut-off rendah (Hz)



??? adalah frekuensi cut-off tinggi (Hz)

Contoh 1:
Suatu rangkaian Band Pass Filter orde 1 disusun dari rangkaian High Pass Filter orde 1 dengan nilai R1 = 1 kΩ, dan C1 = 20 uF, dan dan Low Pass Filter orde 1 dengan nilai R2 = 500 Ω, dan C2 = 8 uF. Tentukan nilai faktor kualitas dari Band pass Filter tersebut!
Jawab :
Untuk menghitung nilai faktor kualitas perlu dicari terlebih dahulu nilai dari frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi dari Band Pass Filter menggunakan persamaan (4 dan (5) :
Setelah diketahui frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi, selanjutnya mencari nilai bandwidth dan frekuensi tengah dari Band Pass Filter menggunakan persamaan (1) dan (2) :
Setelah diketahui bandwidth dan frekuensi tengah, dapat dicari faktor kualitas dari Band Pass Filter menggunakan persamaan (3):

Rangkaian Band Pass Filter Orde 2

Band Pass Filter orde 2 adalah sebuah filter yang mempunyai pita transisi sebesar -12 dB/oktav atau -40 dB/decade. Band Pass Filter orde 2 dibuat gabungan antara rangkaian High Pass Filter dan Low Pass Filter orde dua yang keduanya terhubung dalam bentuk seri.

Pada gambar 3. berikut ini menunjukkan rangkaian dari Band Pass Filter Orde 2.

Gambar 3. Rangkaian Band Pass Filter Orde 2

Band Pass Filter memiliki dua macam frekuensi cut-off yaitu frekuensi cutoff rendah (FCL) yang didapat dari rangkaian High Pass Filter dan frekuensi cut-off tinggi (FCH) yang didapatkan dari rangkaian Low Pas Filter.



Frekuensi cutoff dari Band Pass Filter oder 2 bisa dilihat pada persamaan (6) dan (7).

Keterangan:

???  adalah frekuensi cut-off rendah (Hz)

??? adalah frekuensi cut-off tinggi (Hz)



Contoh 2:
Suatu rangkaian Band Pass Filter orde 2 disusun dari High Pass Filter orde 2 dengan nilai R1 = 300 Ω, R2 = 1 kΩ, C1 = 1 uF, dan C2 = 30 uF, dan Low Pass Filter orde 2 dengan nilai R3 = 8 kΩ, R4 = 4 kΩ, C3 = 20 uF, dan C4 = 10 uF. Tentukan nilai dari frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi dari Band Pass Filter tersebut!
Jawab :
Untuk menghitung nilai frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi dari Band Pass Filter orde 2 dapat dilakukan menggunakan persamaan (6) dan (7):

Band  Pass Filter (RC)

Band Pass Filter (RC) merupakan suatu rangkaian yang dibuat secara khusus untuk melewatkan sebuah pita frekuensi tertentu dan dapat menahan isyarat yang berada diluar jalur pita frekuensi itu sendiri.



Leave a Comment