Daftar Ban Mobil Terbaik yang Tahan Lama Awet Digunakan

Merk Ban Mobil Terbaik – Mobil terdiri dari berbagai spare part dan aksesoris. Setiap komponen ini mempunyai fungsi masing-masing dan juga mempunyai masa pakai. Jika telah lewat, bisa dipastikan komponen tidak dapat bekerja dengan baik seperti sedia kala.

Mungkin permasalahan ini tidak berdampak langsung ketika mobil dipakai berkendara. Dalam beberapa kasus hanya akan terasa sedikit tidak nyaman atau ada yang aneh dengan mobil. Akan tetapi jangan selalu memandang remeh soal kondisi komponen mobil.

Sebab bukan tidak mungkin permasalahan pada spare part mobil itu mengganggu kinerja mobil secara keseluruhan. Bahkan juga bisa merembet ke komponen lain atau hingga menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Seperti contohnya ban mobil.

Ban menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan. Tidak hanya pada mobil, namun juga pada kendaraan jenis lain seperti sepeda motor, bus, truk dan lain sebagainya. Anda pasti sudah tahu jika ban mempunyai kembangan atau corak khusus di permukaannya.

Hal inilah yang membantu kendaraan agar bisa berjalan mulus di sejumlah kondisi. Hanya saja seiring pemakaian alur kembang ban mobil bisa hilang atau aus yang artinya harus diganti. Atau permasalahan lain yang juga serius adalah ban bocor, atau tidak simetris lagi. Jika seperti itu jangan menunda untuk menggantinya.

Saat ini ada banyak jenis ban mobil yang berkualitas yang bisa Anda peroleh. Ban mobil terbaik bisa menjadi pilihan jika Anda ingin ban awet lebih lama dan memberikan kenyamanan serta keamanan yang baik. Tidak sulit untuk mengetahui ban mobil yang terbaik.

Di Indonesia ada beberapa merek yang dikenal memproduksi ban mobil berkualitas. Seperti Bridgestone, Dunlop, GT Radial, Yokohama dan ban Falken. Masing-masing merek ban ini mempunyai pilihan produk yang beragam.
Hal ini membuat konsumen lebih mudah dalam menentukan ban mana yang akan dipilih. Jangan lupa untuk mempertimbangkan pemilihan jenis ban mobil dengan kondisi medan yang sering dilalui. Atau Anda bisa bertanya kepada marketing atau teman yang paham soal ban mobil terbaik.

Untuk memberikan wawasan lebih dalam kepada Anda seputar ban mobil terbaik, berikut adalah beberapa rekomendasi dari kami.

Ban Mobil Terbaik 2019

  1. Ban Mobil Bridgestone

Pertama, salah satu yang masuk dalam daftar ban mobil terbaik yaitu ban mobil Bridgestone. Siapa yang tak kenal dengan merek ban mobil yang satu ini? Ya, merek yang satu ini memang sudah banyak dikenal selalu memproduksi ban mobil dengan kualitas tinggi dimana Bridgestone menggunakan banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Sehingga mampu mencengkram medan jalan dengan sangat kuat.

Selain itu, struktur dan lekukan kualitas ban mobil terbaik ini pun dibuat lebih stylish dan fungsional untuk mencegah terjadinya ban selip. Di sisi lain, ban mobil Bridgestone ini pun juga dikenal memiliki tingkat keawetan yang cukup tinggi dan daya tahannya kuat sehingga cocok bagi mobil sobat yang sering digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Tak cukup sampai di situ saja, ban mobil terbaik dengan merek Bridgestone ini pun juga dikenal mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca sekalipun dan mampu bertahan dari tusukan jarum atau paku tebal. Tentu, hal tersebut menjadi salah satu daya tarik ban mobil Bridgestone ini dari para kompetitornya. Nah, untuk harga ban mobil terbaik dari Bridgestone sendiri bisa dibilang cukup standar berkisar antara Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan.

  1. Ban Mobil Dunlop

Salah satu ban mobil yang cukup laris di pasar Indonesia yaitu ban mobil Dunlop. Merek ban mobil yang satu ini masuk dalam daftar ban mobil terbaik yang bisa sobat jadikan sebagai salah satu pilihan untuk mobil yang sobat miliki. Selain itu, merek ban mobil Dunlop yang menyasar kelas menengah ini pun dikenal memiliki tingkat stabilitas yang tinggi saat digunakan untuk perjalanan yang jauh bahkan dengan kecepatan tinggi sekalipun.

Selain itu, merk ban mobil terbaik Dunlop ini pun juga terbilang cukup awet dan tak mudah pecah. Maka, tak heran jika ban mobil Dunlop menjadi salah satu ban mobil yang cukup digemari para pemilik mobil di Tanah Air. Sementara itu, harga ban mobil terbaik dari Dunlop ini dibanderol dengan nominal yang bervariasi tergantung jenis dan tipe ban mobil Dunlop tersebut berada pada kisaran Rp 400 ribu sampai pada angka Rp 1 jutaan.

  1. Ban Mobil GT Radial

Merek ban mobil GT Radial ini juga merupakan salah satu yang masuk dalam kategori daftar ban mobil terbaik yang dijual di Indonesia. Menariknya, merek ban ini sempat menjadi salah satu sponsor utama pada berbagai ajang sirkuit termasuk Formula F1.

Untuk kualitas yang ditawarkannya pun tak perlu dipertanyakan lagi mengingat ban mobil GT Radial ini memiliki kemampuan dalam menjaga kestabilan saat berkendara. Sehingga, kualitas ban mobil terbaik ini akan dapat membuat akselerasi menjadi lebih nyaman dan seimbang. Di sisi lain, salah satu keunggulan yang dimiliki ban mobil GT Radial ini yaitu pada tingkat ketahanannya yang tak mudah tipis dan awet, apalagi serat yang digunakan pun diklaim mampu bertahan dari tusukan benda tajam.

Tentu, dengan melihat kemampuannya tersebut ban mobil terbaik dari GT Radial ini bisa sobat jadikan pilihan utama untuk tunggangan sobat. Untuk masalah banderol, harga ban mobil GT Radial sendiri juga akan menawarkan beberapa varian harga tergantung dari tipe dan jenis beserta ukurannya. Nominal angka dari harga ban mobil terbaik ini sendiri kebanyakan berada pada kisaran ratusan ribu dan yang paling mahal di angka Rp 1 jutaan.

  1. Ban Mobil Yokohama

Ada juga ban mobil besutan pabrik asal Jepang, yaitu ban mobil Yokohama. Merek yang termasuk dalam daftar ban mobil terbaik ini memang dihadirkan untuk bersaing dengan beberapa ban besutan pabrik lain di kelas premium, seperti Bridgestone, GT Radial, dan Dunlop. Keunggulan dan kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi mengingat bisa dibuktikan dari keikutsertaan ban mobil Yokohama ini sebagai sponsor pada beberapa seri kejuaraan seperti F1 dan MotoGP terutama yang diadakan di sirkuit Jepang.

Bahkan di negara asalnya yaitu Jepang ban mobil terbaik ini menjadi yang paling banyak dipakai oleh masyarakatnya baik itu untuk mobil pada umumnya, mobil kustom, atau pun untuk mobil balapan. Ban mobil Yokohama ini dikonsep dengan desain khusus untuk menangani kondisi medan jalan yang beraneka ragam. Seperti merek lainnya, merk ban mobil terbaik asal Jepang ini pun nantinya juga akan tersedia dalam tipe normal, kustom, dan racing. Untuk mendapatkan satu set ban Yokohama, sobat perlu merogoh kocek antara Rp 800 ribuan sampai Rp 3 jutaan. Harga ban mobil Yokohama tersebut dinilai cukup kompetitif untuk sebuah ban mobil terbaik yang berasal dari Jepang ini.

  1. Ban Mobil Falken

Ban mobil terbaik berikutnya yaitu Falken. Mungkin, bagi sebagian orang masih terdengar asing dengan merek ban mobil yang satu ini. Tapi siapa sangka, ban mobil Falken ini pun juga tercatat dalam salah satu daftar ban mobil yang berkualitas baik. Merek ban mobil yang satu ini memang lebih memfokuskan memproduksi ban mobil untuk konsumsi jalan raya dibandingkan untuk ajang balapan.

Yang menjadi unggulan dari kualitas ban mobil terbaik bermerek Falken ini yaitu pada struktur ban yang memang dibuat atau didesain khusus yang cocok untuk medan jalan raya. Maka, tak heran jika ban mobil Falken ini dikenal memiliki pengalaman dalam memproduksi ban mobil khusus penggunaan sehari-hari. Di sisi lain, Tipe dan varian ban mobil terbaik merek Falken bisa dibilang lebih variatif dan lebih beragam jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Hal tersebut pastinya tak lepas dari pengalaman mereka dalam menangani mobil-mobil pribadi pada umumnya.  Di samping itu, untuk harga ban mobil Falken sendiri, sobat bisa membelinya sendiri dengan harga mulai dari Rp 600 ribuan. Tidak hanya itu saja, ban mobil terbaik Falken juga memproduksi ban untuk mobil-mobil besar dengan harga 2 jutaan ke atas. Apakah sobat tertarik dengan ban mobil Falken ini?

Perlu diketahui, pemilihan ban mobil terbaik memang membuat Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk menebusnya. Akan tetapi uang yang Anda keluarkan akan terbayar lunas dengan kualitas produk yang terjamin serta dapat memberi keamanan dan kenyamanan yang baik.

Tips Memilih Ban Mobil

Ada beberapa tips seputar pemilihan ban mobil. Tujuannya supaya Anda tidak salah pilih ban. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Jenis Ban

Perlu diketahui, ban memiliki beragam jenis. Maka dari itu jangan sampai salah pilih. Ada ban berjenis “P” yang berarti passenger atau untuk kendaraan penumpang. Lalu ada LT atau Light Truck dan ST atau Special Trailer.

Kriteria ban dapat dibagi menjadi Radial, Tubeless atau tanpa ban dalam, Tubetype atau dengan ban dalam dan bias. Dalam ban bias ada konstruksi jalinan benang yang disusun secara menyilang. Biasanya ban ini dipakai untuk kendaraan komersial berukuran besar. Sementara ban radial biasanya dipakai untuk mobil penumpang biasa.

Ukuran Ban

Selanjutnya, perhatikan ukuran ban yang hendak dibeli. Pastikan sesuai dengan mobil Anda. Anda bisa menermati ukuran dari ukiran angka di samping ban. Lebar sebuah ban bisa mempengaruhi peningkatan performa kecepatan kendaraan. Di samping itu setiap ban mobil memiliki kapasitas beban dan kecepatan maksimal yang berbeda, sehingga perlu disesuaikan dengan mobil Anda.

Ukiran Ban

Selain ukuran, ukiran ban mobil juga bisa berbeda-beda. Saat membeli ban mobil baru juga jangan lupa untuk memeriksa ukirannya. Ban mobil yang bagus harus menekankan besarnya daya gesek ke jalan. Semakin besar daya gesek sebuah ban ke jalan, maka risiko mobil tergelincir bisa diminimalisir.

Tahun Pembuatan

Usahakan untuk memilih ban yang berusia muda atau baru diproduksi. Sebab ban dengan tahun pembuatan yang muda bisa dipastikan kualitasnya masih terjaga. Untuk mengeceknya Anda bisa melihat kode pada ban.

Ada empat digit yang berderet, misalnya 0819. Angka 08 menunjukkan minggu pembuatan. Sementara 19 merupakan tahun pembuatan. Artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-8 pada tahun 2019.

Leave a Comment