Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog


Biasanya untuk pengukuran arus dari AVOmeter digital mencapai 10A dan untuk AVOmeter analog yaitu 250 mA. Pada saat melakukan pengkuran pada tegangan DC maka harus diperhatikan probe positif dan negatifnya tidak boleh terbalik. Jadi probe positif (merah) selalu dihubungkan dengan sumber listrik sedangkan untuk probe negatif (hitam) dihubungkan dengan beban. Berikut contok pemnghubungan probe:



AVOmeter ini hanya bisa mengukur arus dari tegangan DC saja, sedangkan untuk tegangan listrik AC biasanya digunakan untuk pengukuran berupa tang ampere atau clamp meter.

Baca juga: Cara Mengukur Dioda Zener Dengan Multimeter

Cara Mengukur Resistansi dengan AVOmeter

Pada pengukuran ini penempatan probe negatif maupun positif tidak perlu diperhatikan untuk polaritasnya tetapi untuk multimeter analog diperlukan kalibrasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk pengukuran.

Dalam melakukan kalibrasi multimeter analog dengan cara kedua probe dihubungkan maka jarum akan bergerak kekanan dan pastikan angka tepat pada nol (0), apabila tidak tepat maka dapat diatur dengan menggunakan zero adjusment. Apabila telah dilakukan kalibrasi maka multimeter dapat ditempatkan secara paralel terhadap benda yang akan diukur seperti contoh gambar dibawah ini:

Apabila tidak mengetahui resistansi benda yang diukur maka pilihlah selektor ohm meter pada posisi 100 K, artinya resistor dengan nilai hambatan 2 M Ohm (2000.000) masih dapat terbaca.

Baca juga: Cara Cek Relay Menggunakan Multimeter

AVOmeter Digital atau Analog

Orang awam pasti sangat bingung dalam melakukan pengukuran menggunakan avometer analog dan avometer digital. Dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang sebelumnya telah dibahas maka untuk pengguna teknisi service kebanyakan menggunakan avometer dengan jenis analog karena teknisi tidak jarang diharuskan untuk mengukur sinyal listrik yang memiliki sifat fluktuatif.

Jika menggunakan avometer digital maka akan sangat sulit dalam membaca sinyal fluktuatif tersebut. Pertimbangan lain yang digunakan adalah daya tahan dari avometer tersebut. pada umumnya untuk avometer analog memiliki daya tahan yang lebih awet dibandingkan dengan avometer digital. Tetapi tetap kembali pada kualitas brand dari alat ukur itu sendiri



Leave a Comment