Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog


Baca juga: Cara Mengukur Mosfet Dengan Multimeter

Cara Mengukur Tegangan dengan AVOmeter

Dari penjelasan sebelumnya diketahui bahwa multimeter dapat digunakan untuk mengukur nilai tegangan AC maupun DC. Dan lama melakukan pengukuran probe dari multimeter dipasang secara paralel.



Contohnya apabila ingin mengukur sebuah baterai jam dinding yang terukur 8.02 Volt. Namun unttuk beberapa AVOmeter digital tidak memiliki pilihan range sehingga besar tegangan yang diukur dapat diatur secara otomatis atau disebut dengan autorange

Saat melakukan pengukuran tegangan AC tidak mempermasalahkan letak probe positif dan negatifnya karena tegangan tersebut tidak memiliki polaritas. Untuk pengukuran tegangan DC usahakan untuk dapat menempatkan probe merah (+) ke polaritas positif dan probe hitam (-) untuk polaritas negatif.

Meskipn mengukur dengan polaritas yang terbalik AVOmeter ini tetap dapat menghasilkan hasil pengukuran tetapi dengan nilai angka menjadi minus. Berbeda dengan jenis analog maka jarum akan bergerak ke kiri dan tidak terbaca sama sekali.

Catatan: apabila tidak mengetahui tegangan dari benda yang diukur usahakan menggunakan range paling besar agar tidak merusak multimeter. Untuk tegangan 1000 V merupakan selektor DCV dan untuk 750V merupakan selektor ACV.

Baca juga: Cara Mengukur SCR Dengan Multimeter

Cara Mengukur Arus dengan AVOmeter

Dalam pengukuran arus letak probe multimeter harus disusun secara seri terhadap benda yang diukur jan selektor diposisikan pada DCA atau Direct Current Ampere. Berikut adalah contoh dimana panah kuning memunjukkan arah maju dari arus listrik tersebut.



Leave a Comment