Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog


Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog – Dalam dunia elektronika untuk mengetahui nilai ukuran dari suatu rangkaian elektronika maupun rangkaian listrik biasanya dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur. Alat ukur yang dapat digunakan juga banyak jenisnya



Pada artikel kali ini akan dibahas tentang alat ukur yaitu AVOmeter, dimana alat tersebut merupakan alat yang memiliki kaitan erat dengan benda elektronik dan juga penggunaan listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Avometer ini juga dapat disebut dengan multimeter atau multiteste. Alat pengukur ini dapat dibilang sebagai salah satu perlengkapan yang wajib ada bagi seorang teknisi elektronik maupun teknisi kelistrikan, apabila tidak ada alat ini maka teknisi dapat dipastikan tidak dapat melakukak aktifitasnya dengan baik.

Seorang teknisi juga wajib untuk mengetahui cara dalam penggunaan AVOmeter ini, apabila teknisi tdak memahami dalam penggunaan alat ukur ini maka teknisi tersebut tidak dapat memperbaiki rangkaian elektronika maupun rangkaian listrik dengan benar.

Baca juga: Perbedaan Multimeter Digital Dan Analog

Pengertian AVOmeter

AVOmeter merupakan singkatan yaitu A untuk menyatakan Ampere (arus listrik), V menyatakan Volt (tegangan listrik) baik dalam AC maupun DC, dan O menyatakan Ohm (resistansi atau hambatan). Pada umumnya multimeter analog maupun manual biasanya terdapat knop atau selektro yang digunakan untuk memili jenis alat ukur sekaligus range dari pengukurannya.

Baca juga: Cara Menggunakan Multimeter / Multitester

Simbol AVOmeter

Dalam menggunakan multimeter ini tentunya kita diharuskan untuk mengerti simbol – simbol yang terdapat pada alat ukur tersebut.



  • Selektor ACV tertera simbol sinus yang mengartikan bahwa dapat digunakan untuk pengukuran tegangan dengan jenis gelombang AC. ACV singkatan dari Alternating Current Voltage yang memiliki gelombang seperti sinusoidal.

  • Selektor terdapat simbol omega yang dapat disebut dengan Ohm yaitu digunakan untuk pengukuran resistansi atau hambatan listrik. Fungsi selektor ini dapat digunakan untuk menggetahui baik buruknya transistor dan pengujian kabel.

  • Selektor DCA tertera simbol garis dan garis putus – putus dimana digunakan untuk mengukur arus yang searah. DCA singkatan dari Direct Current Ampere.

  • Selektor DCV difungsikan untuk mengukur tegangan DC.

  • Untuk selektor dari multimeter digital range akan diatur secara otomatis tidak seperti multimeter analog yang ditunjukkan seperti gambar dibawah ini.

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Sharp Protek

Bagian – bagian AVOmeter

Dalam penggunaan suatu alat ukur tentunya terlebih dahulu untuk memahami bagian – bagian yang terdapat pada alat ukur tersebut. berikut adalah beberapa bagian dari alat ukur (AVOmeter) tersebut:



Prinsip Kerja AVOmeter

Dalam penggunaan dari alat ini dapat menggunakan daya yang telah diberikan oleh baterai agar dapat berfungsi sebagai alat ukur dari berbagai komponen elektronik maupun listrik. Pada alat ini terdapat dua kawat yang saling terhubung.

Kedua kawat atau alat tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan multimeter dengan benda atau komponen yang akan dilakukan pengukuran tersebut. arus dari komponen akan dialirkan melalui kawat tersebut yang dihubungkan dengan multimeter dan akan diubah agar mengeluarkan hasil yang berupa informasi digital.

Informasi digital tersebut akan ditampilkan pada layar yang merupakan salah satu bagian dari multimeter yang berupa angka. Dalam pemakaian alat ini sangat penting untuk dapat mempelajari angka – angka tersebut agar dapat mendapatkan hasil yang akurat.

Baca juga: Cara Mengukur Potensiometer 3 Kaki dan 6 Kaki

Jenis – Jenis AVOmeter

Dalam jenisnya alat ukur ini dapat dibagi menjadi dua jenis. Awalnya avometer ini tersedia dengan jenis analog, tetapi semakin berkembangnya teknologi digital maka semakin banyak juga jenis avometer dengan type digital. Kedua jenis ini tidak memiliki fungsi yang berbeda sama sekali hanya saja tampilan dalam pembacaan alat ukur tersebut. berikut adalah penjelasan serta kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis avometer yaitu:



AVOmeter Analog

Avometer jenis ini terdapat display range berupa sebuah jarum yang digunakan untuk menunjukkan hasil dari pengukuran alat tersebut dan dibutuhkan pemahaman dalam melakukan pembacaan dari hasil pengukurannya,

Keunggulan: alat ukur ini sangat baik digunakan untuk melakukan pengukurna sinyal yang memiliki sifat fuktuatif dimana pada jenis digital sinyal tersebut lebih sulit untuk diukur dan alat ukur unu memiliki harga yang lebih terhangkau dan juga dapat digunakan walaupun tanpa baterai

Kelemahan: pada pembacaan hasil diperlukan ketelitian alat ukur dan dibutuhkan juga untuk mengkalibrasi dari penunjukan jarum baca tersebut.

AVOmeter Digital

Pada avometer jenis ini menggunakan display dengan menampilkan pembacaan dari pengukuran menjadi lebih praktiis dan tentunya lebih akurat karena dapat menampilkan hasil berupa angka di belakang koma. Pada display ini umumnya terdapat 4 digit yang dapat ditampilkan

Keunggulan: pembacaan dari jenis ini lebih akurat, penggunaan pun lebih praktis dan pada umumnya telah dilengkapo dengan auto polaritas jadi tidak akan ada masalah jika salah menghubungkan terminal probe (+) dan (-).

Kelemahan: penggunaan memerlukan supplay yang berasal dari batera. Jadi apabila baterai habis maka tidak dapat digunakan sama sekali dan jika terjadi angka pengukurang yang ditampilkan dapat menjadi tidak akurat.

Baca juga: Pengertian Tespen Dan Cara Menggunakannya

Fungsi AVOmeter

Alat ukur ini merupakan gabungan dari 3 alat ukur. Oleh karena itu alat ini memiliki banak fungsi, berikut adalah baeberapa fungsi dari AVOmeter yaitu:

  • Mengukur tegangan listrik AC (PLN)
  • Mengukur tegangan listrik DC (baterai, aki dll..)
  • Mengukur arus listrik DC, pada avometer analog biasanya arus maksimal yang diukur cukup kecil sekitar 250mA sedangkan pada type digital bisa hingga 10A
  • Mengukur konektivitas suatu kabel / konektor
  • Mengukur baik tidaknya sebuah transistor
  • Mengukur resistansi resistor
  • Mengukur kapasitor

Untuk beberapa avometer juga didapatkan selektor khusu untuk pengukuran dari tegangan baterai. Oleh karena itu kita dapat melihat apakah baterai tersebut masih layak untuk dipakai atu sudah harus melakukan pergantian baterai. Gambar dibawah ini merupakan contoh petunjuk dari pengukuran apakan menunjukkan bad atau good:



Leave a Comment