Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog


Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog – Dalam dunia elektronika untuk mengetahui nilai ukuran dari suatu rangkaian elektronika maupun rangkaian listrik biasanya dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur. Alat ukur yang dapat digunakan juga banyak jenisnya



Pada artikel kali ini akan dibahas tentang alat ukur yaitu AVOmeter, dimana alat tersebut merupakan alat yang memiliki kaitan erat dengan benda elektronik dan juga penggunaan listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Avometer ini juga dapat disebut dengan multimeter atau multiteste. Alat pengukur ini dapat dibilang sebagai salah satu perlengkapan yang wajib ada bagi seorang teknisi elektronik maupun teknisi kelistrikan, apabila tidak ada alat ini maka teknisi dapat dipastikan tidak dapat melakukak aktifitasnya dengan baik.

Seorang teknisi juga wajib untuk mengetahui cara dalam penggunaan AVOmeter ini, apabila teknisi tdak memahami dalam penggunaan alat ukur ini maka teknisi tersebut tidak dapat memperbaiki rangkaian elektronika maupun rangkaian listrik dengan benar.

Baca juga: Perbedaan Multimeter Digital Dan Analog

Pengertian AVOmeter

AVOmeter merupakan singkatan yaitu A untuk menyatakan Ampere (arus listrik), V menyatakan Volt (tegangan listrik) baik dalam AC maupun DC, dan O menyatakan Ohm (resistansi atau hambatan). Pada umumnya multimeter analog maupun manual biasanya terdapat knop atau selektro yang digunakan untuk memili jenis alat ukur sekaligus range dari pengukurannya.

Baca juga: Cara Menggunakan Multimeter / Multitester

Simbol AVOmeter

Dalam menggunakan multimeter ini tentunya kita diharuskan untuk mengerti simbol – simbol yang terdapat pada alat ukur tersebut.



  • Selektor ACV tertera simbol sinus yang mengartikan bahwa dapat digunakan untuk pengukuran tegangan dengan jenis gelombang AC. ACV singkatan dari Alternating Current Voltage yang memiliki gelombang seperti sinusoidal.

  • Selektor terdapat simbol omega yang dapat disebut dengan Ohm yaitu digunakan untuk pengukuran resistansi atau hambatan listrik. Fungsi selektor ini dapat digunakan untuk menggetahui baik buruknya transistor dan pengujian kabel.

  • Selektor DCA tertera simbol garis dan garis putus – putus dimana digunakan untuk mengukur arus yang searah. DCA singkatan dari Direct Current Ampere.

  • Selektor DCV difungsikan untuk mengukur tegangan DC.

  • Untuk selektor dari multimeter digital range akan diatur secara otomatis tidak seperti multimeter analog yang ditunjukkan seperti gambar dibawah ini.

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Sharp Protek

Bagian – bagian AVOmeter

Dalam penggunaan suatu alat ukur tentunya terlebih dahulu untuk memahami bagian – bagian yang terdapat pada alat ukur tersebut. berikut adalah beberapa bagian dari alat ukur (AVOmeter) tersebut:



Prinsip Kerja AVOmeter

Dalam penggunaan dari alat ini dapat menggunakan daya yang telah diberikan oleh baterai agar dapat berfungsi sebagai alat ukur dari berbagai komponen elektronik maupun listrik. Pada alat ini terdapat dua kawat yang saling terhubung.



Leave a Comment