Mengenal Arde Listrik Dan Fungsinya


Dalam melakukan instalasi listrik pasti memiliki kabel lstrik yang memiliki kekuatan dengan spesifikasi yang berbeda – beda. Apabila semakin besar diameter kabel yang digunakan untuk groundng makan akan semakin baik juga aliran arus listrik yang mengalir didalam rangkaian tersebut. dengan adanya aliran arus yang baik maka tidak akan menimbulkan beban yang semakin besar serta pemborosan listrik juga dapat dihindarkan. Berikut ini adalah beberapa cara dari pemasangan kabel arde yang baik dan sesuai dengan standar yaitu:

Melakukan Pemasangan Rod Grounding

Pemasangan rod grounding atau arde adalah langkah penting yang tidak dapat dilewatkan, apabila semakin banyak groun rod yang dipasang maka akan semakin baik juga bagi instalasi tersebut. Berikut ini adalah tahapan – tahapan yang perlu dilakukan unutk pemasangan rod grounding yaitu:



  • Ground rod sebaiknya ditanam dengan jumlah lebih dari satu. Selain itu, pastikan juga untuk diberi jarak setidaknya 5 meter antara satu dengan yang lainnya.
  • Ground rod sebaiknya dipasang lebih dari satu dan di susun secara paralel.
  • Ground rod sebaiknya dihindarkan dari jenis-jenis tanah yang berpasir atau berbatu karena merupakan media yang kurang baik.
  • Untuk memaksimalkan sistem pembumian, sebaiknya stik rod ditanam dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah.

Pemilihan Material Untuk Arde

Agar ground dapat dipasang dengan baik maka material yang digunakan pun juga sanga penting untuk diperhatikan, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat memilih material untuk arde yaitu:

  • Memilih kabel yang sesuai dengan standar sangat penting untuk dilakukan. Baik dari segi ukuran, warna, maupun jenis dan bahannya.
  • Untuk stick rod, pilihlah yang terbuat dari bahan tembaga padat.
  • Karena besi merupakan bahan yang mudah berkarat dan tidak tahan lama. Sebaiknya penggunaan material besi untuk arde dapat dihindarkan.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Jenis Kabel Listrik

Baca juga: Jenis Jenis Soket Listrik atau Colokan Listrik

Penanaman Grounding Rod

Untuk pemasangan kabel arde pada tahap selanjutnya yaitu proses penanaman grounding rod. Disarankan untuk melakukan penggalian dilokasi yang akan dipasangi arde atau grounding tersebut. untuk kedalaman galian sebaiknnya tidak kurang dari 50 cm dari permukaan tanah. Berikut ini adala beberapa tahapan yang perlu dilakukan pada proses ini yaitu:

  • Pertama-tama, gali lubang dengan posisi vertikal dan dengan kedalaman kurang lebih 50 cm.
  • Setelah itu, tancapkan batang stik rod pada lubang dengan kuat.
  • Tuangkan air secukupnya pada lubang galian. Bisa juga dengan mengisi air hingga lubang tersebut penuh.
  • Tekan stik rod ke bawah, kemudian angkat beberapa saat agar air dapat masuk dan meresap ke dalam tanah.
  • Selanjutnya, tancapkan kembali stik rod sesuai kedalaman yang diinginkan.

Menyambung Arde Pada Kabel

Setelah dilakukan pemasangan rod grounding maka selanjutnya adalah menyambungkan arde pada kabel. Penyambungan akan lebih mudah apabila adan menggunakan metode pengelasan exothermic. Metode tersebut dapat dilakukan dengan cara mencampurkan bahan tembaga yang sebelumnya telah dicairkan dengan suhu yang tinggi. Yang kemudian digunakan untuk menggabungkan antar konduktor secara permanen.





Leave a Comment