Mengenal Arde Listrik Dan Fungsinya


Mengenal Arde Listrik Dan Fungsinya – Pada proses instalasi listrik kita sering mendengan kata arde atau yang sering disebut juga dengan grounding. Arde merupakan sistempelengkap yang ada pada setiap instalasi kelistrikan yang berfungsi sebagai sistem pertanahan.



Pemasangan dari arde ini juga dapat bergua untuk memberikan perlindungan pada instalasi listrik rumah dari berbagai macam gangguan dan bahaya. Pada artikel ini akan dibahas secara keseleruhan dari arde atau sistem grounding pada sebuah instalasi listrik.

Baca juga: Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde

Baca juga: Harga Dan Ukuran Kabel AWG

Pengertian Arde

Arde atau juga yang sering dikenal dengan grounding tersebut adalah sistem pertanaan yang berupa jalur kabel tersediri yang tidak tersambung dengan instalasi dari kabel – kabel listrik lainnya, kabel ini dipasang pada instalasi listrik rumah menuju titik pertanahan (bumi).

Sistem ini dibuat untuk menghilangkan beda potensial yang sering terjadi pada rangkaian listrik. Dan juga memiliki tujuan untuk melakukan pelepasan listrik berlebih yang dapat timbul kapan saja pada instalasi listrik tersebut.



Leave a Comment