Mengenal Arde Listrik Dan Fungsinya


Mengenal Arde Listrik Dan Fungsinya – Pada proses instalasi listrik kita sering mendengan kata arde atau yang sering disebut juga dengan grounding. Arde merupakan sistempelengkap yang ada pada setiap instalasi kelistrikan yang berfungsi sebagai sistem pertanahan.



Pemasangan dari arde ini juga dapat bergua untuk memberikan perlindungan pada instalasi listrik rumah dari berbagai macam gangguan dan bahaya. Pada artikel ini akan dibahas secara keseleruhan dari arde atau sistem grounding pada sebuah instalasi listrik.

Baca juga: Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde

Baca juga: Harga Dan Ukuran Kabel AWG

Pengertian Arde

Arde atau juga yang sering dikenal dengan grounding tersebut adalah sistem pertanaan yang berupa jalur kabel tersediri yang tidak tersambung dengan instalasi dari kabel – kabel listrik lainnya, kabel ini dipasang pada instalasi listrik rumah menuju titik pertanahan (bumi).

Sistem ini dibuat untuk menghilangkan beda potensial yang sering terjadi pada rangkaian listrik. Dan juga memiliki tujuan untuk melakukan pelepasan listrik berlebih yang dapat timbul kapan saja pada instalasi listrik tersebut.



Dengan adanya arde ini apabila timbul muatan berlebih pada insalasi listrik maka muatan tersebut secara otomatis akan dialirkan mengarah kedalam tanah. Hal tersebut dapat terjadi karena tanah memiliki masa dan volume yang besar. Jadi bila terdapat gangguan atau permasalahan yang berkaitan dengan muatan listrik akan dapat dengan cepat dinetralisirkan. Dengan tujuan itu maka arde ini dipasang.

Fungsi Arde

Dapat dilihat bahwa pemasangan dari arde ini dapat berfungsi sebagai bentuk perlindungan, dengan adanya pemasangan arde pada instalasi listrik ini maka dapat menghindari beberapa resiko bagai berikut ini:

  • Grounding berfungsi untuk mencegah adanya kebocoran listrik yang besar. Misalnya apabila terjadi korsleting listrik, kebocoran isolasi, serta menghindari orang dari terkena sengatan listrik.
  • Mencegah apabila terjadi induksi pada tegangan aliran
  • Berfungsi sebagai pelindung dari ancaman listrik statis. Terutama listrik statis yang mempunyai tegangan dengan skala yang sangat tinggi seperti sambaran petir.
  • Grounding juga berfungsi sebagai acuan pengukuran tegangan aliran listrik dalam instalasi.
  • Pemasangan arde juga dapat mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh kebocoran tegangan.
  • Arde juga berfungsi untuk menetralisir adanya noise yang disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya akibat kualitas komponen yang jauh dari standar ataupun kualitas daya yang kurang bagus.

Baca juga: Pengertian, Harga Dan Fungsi Stavolt

Baca juga: Jenis Kerusakan Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Cara Kerja Arde Listrik

Dapa diperhatikan pada beberapa instalasi listrik untuk pemasangan arde ini pada umumnya dipasang dekat dengan kWh meter. Dari kWh meter tersebut terdapat pemasangan kabel netral dan kabel arde yang digabung bersama dengan kabel fasa (phase). Lalu kabel – kabel tersebut akan dihubungkan pada seluruh jaringan dan juga stop kontak pada rumah atau gedung tersebut. Dari stop kontak ini, kabel arde akan tersambung dan terkoneksi dengan peralah – peralatan listrik seperti peralan rumah yaitu kulkas, TV, radio, dll.



Simbol Arde

Berikut ini adalah beberapa simbol arde yang umumnya dapat digunakan pada perancangan rangkaian sampai instalasi listrik. Simbol ini digunakan untuk mempermudah pembacaan pada suatu perencanaan atau rancangan suatu rangkaian yang menggunakan instalasi listrik yaitu seperti dibawah ini:



Leave a Comment