Menghitung Ampere Hour Baterai Powerbank Dan Aki


Menghitung Ampere Hour Baterai Powerbank Dan Aki – Pada saat melakukan perhitungan dari suatu tegangan listrik pasti kita membutuhkan satuan sebagai patokan nilai dari besar arus listrik tersebut. Satuan yang dapat digunakan pada perhitungan tersebut terdiir dari beberapa jenis.



Beberapa jenis satuan tersebut adalah volt, watt, dan mAh. Dimana volt dapat digunakan untuk satuan yang menyatakan tegangan listrik, waat merupakan satuan yang dapat digunakan untuk menyatakan daya atau konsumsi energi per detinya, dan juga satuan mAh. Pada artikel kali ini akan dibahan mengenai amper hour pada powerbank dan aki.

Baca juga: Rumus Watt, Volt, Ampere Dan Contoh Soal

Amper hour tersebut dapat diturunkan nilainya menjadi mAh yang merupakan gabungan dari perhitungan dimana waktu (hour) mempengaruhi nilai dari mili ampere (mA). Satuan ini biasa digunakan untuk menyatakan satuan dari nilai muatan listrik. Dimana 1Ampere (A) sama dengan 1000 miliampere (mA).

Penggunaan satuan amper biasa digunakan pada baterai dengan kapasitas yang besar, sedangkan untuk miliampere digunakan untuk baterai yang memiliki kapasitas yang lebih kecil. Contohnya saja amper dapat digunakan untuk satuan pada aki motor maupun aki mobil dan untuk miliampere dapat digunakan untuk satuan pada perangkat kecil seperti powerbank atau baterai smartphone, laptop, dll.

AKI



Baterai Smarphone

Dalam penggunaan amper aour didapatkan dari hasil perkalian antara arus yang diberikan oleh sebuat sumber dengan seberapa lama sumber tersebut dapat mengalirkan arus listrik. Satuan jenis ini dapat juga diubah menjadi satuan energi seperti joule atau juga Wh (watt – hour), akan tetapi dalam melakukannya kita diperlukan terdelbih dahulu mengetahui nilai tegangan dari sumber tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan Tang Ampere Arus AC Dan DC

Baca juga: Fungsi Thermal Overload Relay

Contoh Kasus

Berikut beberapa contoh kasus yang menggunakan satua ampere hour (Ah) atau miliampere hour (mAh) yaitu sebagai berikut:

Contoh 1

Diketahui sebuah baterai handphoe memiliki nilai jumlah arus dengan kapasitas 10400mAh dengan memiliki tegangan sebesar 5V. jadi hitunglah berapa daya per satu jam (watt hout) dari baterai handphone tersebut. apabila akan dibawa untuk menaiki pesawat udara?

Diketahui:

Ih = 10.400mAh atau 10,4 Ah



V = 5V

Wh=?

Penyelesaiannya:

Wh = V x Ih

Wh = 5 x 10,4



Wh = 52

Dilihat dari perhitungan diatas dapat dilihat bahwa baterai handphone tersebut memiliki daya sebesar 52 Wh dan dapat dibawa untuk menaiki pesawat udara.

Contoh 2

Diketahui sebuah mini notepad memiliki spesifikasi baterai lithium dengan besar kapasitasnya yaitu 2600mAh dan memiliki tegangan 14,4V. hitunglah berapah daya per jam (watt hour) yang ada pada baterai mini notebook tersebut?



Leave a Comment