Mengetahui Listrik 450 VA Berapa Watt


Mengetahui Listrik 450 VA Berapa Watt – Listik merupakan sumber daya kehidupan yang sangat penting bagi makhluk hidup. Hal tersebut dikarenakan dalam berbagai teknologi yang digunakan oleh manusia meyoritas menggunakan listrik sebagai daya akar alat tersebut dapat bekerja.



Satuan listrik tersebut dibagi menjadi tiga yaitu Watt, Amperee, dan Volt. Dalam mencari nilai besaran (satuan) listrik dengan besaran lainnya diperlukan adanya konversi. Untuk satuan watt dapat disebut juga dengan satuan yang dapat ditanggungb oleh peralatan listrik. Dimana satuan ini menyatakan berapa besar nilai daya yang dibutuhkan untuk sebuat peralatan listrik agar dapat bekerja.

Untuk satuan volt atau dapat sibut juga dengan voltase yaitu satuan yang sangat umum digunakan pada peralatan listrik rumahan. Satuan ini merupakan besaran jumlah nilai tegangan yan dibutuhkan oleh sebuah perangkat elektronik agar dapat bekerja.

edangkan untuk satuan ampeer dapat digunakan untuk menyatakan besarnya nilai arus maksimal yang dapat mengalir didalam sebuah rangkaian atau perangkat listrik. Pada artiken ini akan membahas tentang konversi besar tegangan listrik pada sebuah rumah dari satuan VA (Volt Ampere) menjadi satuan Watt.

Baca juga: Rumus Watt, Volt, Ampere Dan Contoh Soal

Hubungan Satuan antara Watt, Ampere dan Volt

Satuan volt merupakan satuan yang menyatakan teganan listrik yang pertama kali dihasilkan oleh pembangkit listrik baik itu PLN ataupun Genset, jadi apabila tidak terdapat tegangan listrik yang dihasilkan maka tidak dapat juga menghasilkan satuan watt maupun ampere.

Dari prinsip kerha GGL yang dapat menghasilakn tegangan listrik dari sebuah pembangkit listrik, untuk tegangan yang dihasilkan sebeluk dipergunakan disebut dengan GGL (E), dan saat tegangan listrik sudah dalirkan ke berbagai rangkaian atau perangkat listrik makan akan disebut dengan tegangan jepit (V). lalu untuk tegangan yang dialirkan pada suatu peralatan listrik dan menghasilkan arus listrik dapat disebutk dengan satuan ampere



Lalu untuk mengetahui seberapa besar nilai tahanan pada suatu peralatan listri yang dapa mempengaruhi besaran arus listrik yang mengalir dari sumber listri ke peralatan listrik dapat disebut dengan daya listrik dengan satuannya adalah watt.

Baca juga: Menghitung Ampere Hour Baterai Powerbank Dan Aki

Besar Daya Listrik dari 450 VA Menjadi Watt

Besar daya listrik 450 VA merupakan salah satu kapasitas daya listrik yang ditarwarkan oleh PLN selaku jasa penyedia listrik kepada pelanggannya untuk digunakan dalam pemasangan instalasi listrik rumah tangga.

Seiring berjalannya waktu untuk saat ini pilihan daya 450 VA sudah tidak tersedia untuk pemasangan listrik baru kecuali digunakan pada area wilayah 3T (daerah terluar, terdepan, dan tertinggal) akan tetapi masik banyak pengguna yang memiliki daya listrik 450VA.

Diketahui satuan daya listrik dari PLN adalah VA dan untuk saat ini polohan daya dari PLN adalah 900 VA, 1200 VA, 1300 VA, dll. Jadi suatu rumah dengan listrik 450 VA tidaklah selalu mendapatkan daya aktif maksimal sebesar 450 Waat karena terdapat faktor daya atau cosphi yang perlu diperhitunkan juga.

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Perbedaanya Antara 450 VA dan 450 Watt

Jadi untuk satuan listrik watt merupakan besaran dari daya aktif yang dapat digunakan pada berbagai peralatan kelistrikan dan dapat disebut juga dengan daya aktif. Untuk satuan listrik VA atau disebut juga dengan Volt Ampere merupakan besaran dari nominal daya hasil perkalian tegangan dengan arus dan umumnya disebut dengan daya semu.

Terdapat perbandingan antara daya aktif dengan daya semu. Perbandingan inilah yang dapat disebut dengan faktor daya atau cosphi atau juga pada umumnya dusebut dengan power factor (PF) yang memiliki nilai 1,00 sampai faktor daya tersebut dapat berkisar antara 0 – 1,00



Watt = VA x PF (power factor/ faktor daya)

Jadi yang harus ditanyakan adalah kenapa harus dilakukannya perhitungan cosphi tersebut karena berbagai peralatan listrik yang menggunakan prinsip induksi dapat menimbulkan daya reaktif atau dapat disebut dengan daya yang hilang. Jadi semakin banyak peralaan listrik yang menggunakan prinsip induksi magnet tersebut maka akan semakin besar pula hilang dayanya.

Seperti apabila terdapat suatu peralata listrik yang menimbulkan induksi magnetik maka faktro daya (cosphi) tersebu dapat diabaikan, jadi rumah tersebut mendapatkan daya maksimal yang sebenarnya. Berikut adalah tabel faktor daya (cosphi) yang terdapat pada beberapa perlatan listrik yang sering digunakan pada sehari – hari:

Baca juga: Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk

faktor daya dapat berbeda dan tidak bisa dijadikan acuan

oleh karena hal yang dijelaskan sebelumnya daya aktif pada setiap rumah memiliki nilai yang berbeda – beda tergantung dengan peralatan listrik yang sedang dipakai atau digunakan dan untuk 450 VA sama dengan berapa watt itu juga memiliki nilai yang berbeda beda pada setiap rumah.

Apabila dengan menggunakan perhitungan rata – rata faktor daya alat listrik yang digunakan dengan faktor daya 0,8 maka berikut ini adalah perhitungan daya listri 40 VA berapa watt:



Daya Aktif (Watt) = 450 VA * 0.8 = 360 Watt

Jadi dapat disimpulkan untuk besaran daya 450 Watt tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelengkapan listrik pada saat ini, akan tetapi setidaknya untuk kebutuhan dasar rumah seperti contohnya lampu, TV, pompa, dan kulkas kemungkinan masih cukup untuk digunakan.

Baca juga: Pengertian Busbar Dan Fungsinya

Tabel Konversi

Berikut adalah tabel konversi antara daya (VA) dengan MCB (ampere) yaitu seberti dibawah ini:



Leave a Comment