Tips Membeli Motor Klasik Retro Alias Motor Jadul

Motor Retro Klasik – Dunia sepeda motor berkembang seiring berjalannya waktu. Selama itu pula berbagai tren berkembang di tengah masyarakat. Saat ini sepeda motor dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni dan dikombinasikan fitur yang mutakhir. Tentu saja ada sejumlah dana yang perlu disiapkan calon konsumen untuk menebus motor dengan teknologi canggih.

Akan tetapi di tengah kehadiran motor baru berteknologi canggih masih ada masyarakat yang menyukai motor klasik atau motor antik. Bahkan peminat motor jadul ini terbilang banyak. Motor klasik yang disukai oleh masyarakat tidak hanya terbatas pada satu model saja, namun ada beberapa model.

Keadaan ini seolah menjelma menjadi tren baru. Pabrikan yang menyadari fenomena tersebut lantas menghadirkan motor klasik baru. Sesuai namanya, motor ini merupakan motor dengan desain klasik alias antik namun dipadukan dengan fitur-fitur terkini.

Kehadiran motor klasik memang menjadi warna tersendiri dalam pasar kendaraan roda dua. Hal ini juga berdampak pada pasar aksesori atau sparepart motor. Walaupun sudah berusia tua, tidak terlalu sulit untuk mencari sparepart motor klasik. Jika tidak ada maka bisa diganti dengan suku cadang lain yang masih sejenis.

Berminat untuk membeli motor antik? Di Indonesia sendiri ada sejumlah pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Seperti Honda Super Cup, jajaran motor Vespa dan lain-lain. Sedangkan bila Anda lebih tertarik dengan motor klasik baru, pilihannya ada Triumph, Cleveland, Kawasaki Estrella dan sebagainya.

Tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli motor klasik. Jika Anda menyukai motor lama alias jadul, maka pastikan Anda mengetahui bagaimana perawatan motor tersebut. Sebab motor tua memang membutuhkan perawatan yang lebih intens dibanding dengan motor keluaran terbaru.

Bisa saja komponen tertentu mudah bermasalah sehingga perlu penggantian secara berkala. Belum lagi servis yang tidak semua bengkel bisa menanganinya. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara perawatannya.

Sedangkan untuk motor antik baru tidak terlalu rumit. Anda tinggal melakukan servis berkala sesuai dengan petunjuk dan rekomendasi pabrik supaya performanya terjaga. Di samping itu jangan lupa untuk mencari tahu seputar harga motor klasik incaran Anda.

Dengan begitu Anda mempunyai gambaran sebelum pergi ke dealer atau toko motor bekas. Tentu saja jika membeli motor bekas harga bisa bervariasi, tergantung kelengkapan surat, kondisi motor dan lain-lain. Maka dari itu jangan lupa untuk memeriksa kondisinya bila Anda membeli motor klasik bekas.